3 Orang yang Tak Perlu Paspor ke Luar Negeri, Penasaran Siapa Saja?

| 31 Jul 2023 22:01
3 Orang yang Tak Perlu Paspor ke Luar Negeri, Penasaran Siapa Saja?
3 orang yang tak perlu paspor ke luar negeri (unsplash)

ERA.id - Tak banyak yang mengetahui bahwa di dunia ini terdapat tiga individu yang memiliki kemuliaan istimewa, sehingga mereka tidak perlu melengkapi diri dengan paspor ketika berangkat ke luar negeri. Namun setidaknya ada 3 orang yang tak perlu paspor ke luar negeri, siapa saja?

Gelar kehormatan yang dimiliki oleh ketiga pribadi ini memberikan kelonggaran yang mengizinkan mereka untuk melakukan perjalanan tanpa harus mengurus masalah paspor seperti kebanyakan orang lain. Siapakah mereka? Mari kita jelajahi kisah unik dan keistimewaan yang dimiliki oleh ketiga tokoh ini dalam artikel berikut.

3 Orang yang Tak Perlu Paspor ke Luar Negeri

Di dunia ini, ada setidaknya tiga orang yang memiliki keistimewaan khusus yang memungkinkan mereka tidak perlu menggunakan paspor ketika bepergian ke luar negeri. Orang-orang istimewa ini memiliki gelar yang memberikan keistimewaan tersebut.

Ketiga orang tersebut adalah Raja Charles III dari Inggris Raya, Kaisar Naruhito, dan Permaisuri Masako dari Jepang. Dengan status dan kedudukan istimewa yang mereka miliki, mereka tidak pernah perlu membawa paspor saat melakukan perjalanan keluar negeri.

Para raja Inggris yang berkuasa memiliki dokumen resmi yang dikeluarkan atas nama mereka (unsplash)

Sebuah aturan khusus yang menarik, sebelumnya juga berlaku bagi para pendahulu mereka, termasuk Ratu Elizabeth II. Para raja Inggris yang berkuasa memiliki dokumen resmi yang dikeluarkan atas nama mereka, memastikan perjalanan internasional tanpa kerumitan.

Namun, keistimewaan ini tidak berlaku untuk anggota keluarga mereka. Bahkan, Permaisuri Camilla, istri Raja Charles III, masih memerlukan paspor diplomatik untuk perjalanan luar negerinya.

Di Jepang, kebijakan yang berlaku sejak tahun 1971 mengatur bahwa kaisar dan permaisuri tidak memerlukan paspor. Alasannya, hal ini dikarenakan tidak pantas bagi keturunan langsung Dewi Matahari Amaterasu untuk melalui prosedur imigrasi biasa seperti manusia biasa.

Namun, keistimewaan ini tidak berlaku untuk seluruh keluarga Kekaisaran Jepang, hanya berlaku untuk kaisar dan permaisuri. Tentu saja, untuk menerapkan 'jalur khusus' ini, perjalanan dan koordinasi harus diatur secara terperinci antara pejabat tingkat tinggi dari negara-negara yang terlibat.

Di Inggris, Sir Clive Alderton, sekretaris pribadi Raja Charles III yang telah lama menjabat, bertanggung jawab atas logistik perjalanan kerajaan. Sedangkan di Jepang, Kementerian terlebih dahulu memberi tahu negara tujuan tentang kedatangan pasangan kerajaan. Keunikan aturan khusus ini memberikan keistimewaan bagi raja-raja dan kaisar, memastikan perjalanan mereka menjadi lebih lancar dan istimewa.

Selain 3 orang yang tak perlu paspor ke luar negeri, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi