Son Heung-min Jadi Korban Rasis Pendukung Tottenham

| 15 Jan 2019 15:30
Son Heung-min Jadi Korban Rasis Pendukung Tottenham
Son Heung-min (Foto: Twitter @OfficialSonny)
London, era.id - Klub Tottenham Hotspur saat ini sedang menyelidiki dugaan aksi rasis terhadap pemain sayap Son Heung-min oleh seorang pendukung klub itu saat dikalahkan Manchester United 0-1 pada Minggu (13/1) kemarin di Stadion Wembley, London.

Pihak klub menyatakan, mereka telah berbicara kepada pendukung yang membuat pernyataan bernada rasis tersebut terhadap pemain asal Korea Selatan berusia 26 tahun di media sosial pada pertandingan Liga Utama Inggris itu.

"Kami sedang menyelidiki insiden yang merupakan dugaan pernyataan rasial. Karena insiden terjadi di kandang, kami belum memastikan apakah pihak yang mengeluarkan pernyataan rasis itu pendukung Tottenham Hotspur atau bukan," demikian disampaikan juru bicara klub seperti yang dikutip bbc.com.

"Setiap tindak rasis, diskriminasi atau sikap antisosial, tidak bisa dibenarkan oleh klub. Kami memiliki aturan ketat, tidak menolerir sedikit pun dan akan mengambil tindakan terhadap siapa pun yang bersikap atau menggunakan bahasa yang menunjukkan sikap bermusuhan atau pelanggaran," lanjut sang juru bicara. 

Beberapa waktu lalu, seorang pendukung Tottenham melemparkan kulit pisang selama pertandingan derby menghadapi tuan rumah Arsenal, sehingga dihukum denda serta skorsing selama empat tahun.

Tersangka yang merupakan pria berusia 23 tahun kemudian ditahan polisi karena dicurigai menggunakan bahasa anti-semit sebelum kemenangan 1-0 atas Chelsea di pertandingan semifinal Piala Carabao pada 8 Januari lalu.

Supaya kamu tahu, saat ini Son berada di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk membela tim nasonal Korea Selatan di ajang Piala Asia 2019.

Pemain Tottenham Hotspur itu tiba sehari setelah bersama klubnya tampil dalam laga melawan Manchester United di Liga Inggris.

Son tidak bisa mengikuti dua laga pertama Korsel melawan Filipina dan Kirgizstan, karena ada perjanjian antara klub Tottenham Hotspur dan Asosiasi Sepak Bola Korsel.

Ketika itu Spurs mengizinkan Son ikut Asian Games 2018 di Indonesia, yang tidak masuk dalam kalender FIFA, dengan syarat untuk Piala Asia 2019 ia baru bisa tampil mulai pertandingan ketiga.    

Pemain berusia 26 tahun itu diharapkan sudah dapat tampil pada pertandingan terakhir grup C melawan China di Abu Dhabi, Rabu (16/1) besok.

Rekomendasi