Waduh! Apple Airpods Bisa Buat Menyadap

| 15 Jan 2019 16:40
Waduh! Apple <i>Airpods</i> Bisa Buat Menyadap
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Teknologi earphone nirkabel milik Apple, yaitu AirPods, sedang ramai dibicarakan. Pasalnya, pembaruan pada iOS 12 ternyata membuat perangkat AirPods bisa digunakan untuk menguping pembicaraan orang lain loh.

Mengutip dari Digital Trends, Selasa (15/1/2019) Apple resmi merilis sistem operasi terbaru untuk perangkat mobile miliknya, yaitu iOS 12 yang dirilis Apple pada September 2018. Satu yang terbarunya bernama Live Listen, yang kini menjadi viral karena kemampuannya untuk menguping percakapan orang lain.

 

Kemampuan tak terduga dari AirPods ini diketahui oleh akun @arnoldcrndo. Melalui akun Twitternya, ia bahkan membagikan cara memanfaatkan AirPods hingga bisa mendengarkan percakapan orang lain.

"Jika Anda memiliki AirPods, Anda dapat menekan 'Live Listen' untuk 'On' dan meninggalkan ponsel Anda di ruangan bersama seseorang dan Anda dapat mendengar apa yang mereka katakan, terima kasihnya nanti saja," tulisnya di Twitter yang telah viral. 

Untuk menggunakan fitur Live Listen di AirPods, caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengaktifkan fitur Live Listen, lalu meninggalkan iPhone mereka di dekat orang-orang yang ingin dimata-matai, dan mendengarkan percakapannya dari tempat lain melalui AirPods mereka.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa fitur tersebut bisa membuat iPhone menjadi sebuah walkie talkie. Lebih lanjut, Live Listen pun juga memungkinkan pelajar untuk melakukan kecurangan saat ujian karena bisa digunakan untuk alat komunikasi siswa menyontek.

Sejatinya, fitur Live Listen ini memungkinkan pengguna iPhone untuk memanfaatkan microphone pada AirPods menjadi sebuah alat bantu dengar, dalam situasi suara yang bising sekalipun. Namun, tampaknya fitur ini justru dikhawatirkan akan disalahgunakan oleh pihak tertentu. 

Beberapa orang mengatakan ada yang menyalahgunakan fitur Live Listen untuk mendengarkan orang lain yang melanggar hak privasinya. Tidak jelas apakah Apple sudah mengetahui situasi tersebut, dan apakah akan melakukan sesuatu untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan.

Rekomendasi