Sst.. Katanya Facebook Diam-diam Bisa Nguping

| 17 May 2019 16:10
<i>Sst..</i> Katanya Facebook Diam-diam Bisa <i>Nguping</i>
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Mungkin kalian pernah merasa jengah dengan iklan yang tiba-tiba muncul pada lini media sosial. Seakan iklan yang ditampilkan seperti tahu apa yang sedang ramai dibicarakan. 

Rumor mengatakan kalau Facebook bisa mendengarkan percakapan seseorang dan kemudian mengirimkan iklan-iklan terkait topik obrolan itu. Kendati CEO Facebook, Mark Zuckerberg telah membantahnya. Hal semacam itu telah menjadi urban legend di lini media sosial.

"Tidak. Biarkan saya memperjelas hal ini Anda sedang membicarakan teori konspirasi yang beredar kalau kita (Facebook) mendengarkan apa yang terjadi pada mikrofon Anda dan menggunakannya untuk iklan," Zuckerberg saat dipanggil Kongress Amerika untuk menjelaskan soal kebocoran data pengguna Facebook. 

Dalam pembuktiannya, CNET pernah membuat penelitian sederhana untuk membahas rumor kalau Facebook bisa menguping percakapan orang dan mengirimkan sejumlah iklan terkait topik obrolan itu. Hasilnya mereka tak bisa membuktikan kalau Facebook telah menguping percakapan mereka. 

Sekalipun rumor kalau Facebook bisa menguping tak terbukti. Facebook sejatinya memang sedang mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang mengumpulkan data dan informasi terkait aktivitas penggunanya di media sosial.

Kendati demikian, sejak terjadinya kasus kebocoran jutaan data pengguna Facebook yang digunakan oleh Cambridge Analytica. Topik privasi data kini jadi perhatian publik di Amerika Serikat sejak 2018 lalu. 

Anggota parlemen AS percaya, pengawasan pada sosial media jadi sangat diperhatikan. Bagaimana raksasa teknologi dapat belajar hal-hal yang diinginkan penggunanya. 

Rumor teknologi yang bisa menguping percakapan penggunanya, bukan hanya terjadi pada Facebook. Pembaruan sistem operasi pada iOS 12 di Apple secara terang-terangan membuat perangkat AirPods bisa digunakan untuk menguping pembicaraan orang lain. 

Fitur Live Listen yang hadir pada perangkat anyar itu secara tidak langsung membuat pengguna AirPods menguping pembicaraan orang. 

Sekalipun tujuan Apple menghadirkan fitur Live Listen di AirPods berguna untuk membantu penggunanya yang mengalami masalah pendengaran minor. Namun sayangnya, fitur anyar ini justru bisa disalahgunakan untuk kepentingan lain. 

Rekomendasi