China Sukses Melakukan Operasi Jarak Jauh dengan Teknologi 5G

| 16 Jan 2019 07:15
China Sukses Melakukan Operasi Jarak Jauh dengan Teknologi 5G
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - China sudah mulai mengimplementasikan jaringan teknologi 5G di berbagai sektor industri, sejak 2018. Salah satu penerapan teknologi 5G yang paling terbaru dengan membantu pengoperasian bedah jarak jauh atau remote surgery.

Dilansir Ubergizmo pada Selasa (15/1) pengoperasian bedah jarak jauh, dilakukan di Provinsi Fujian. Di mana dokter bedah dan pasien melakukan operasi di tempat terpisah. 

Operasi bedah tersebut diklaim menjadi remote surgery pertama yang memanfaatkan 5G. Dalam proses ujicobanya, bedah berlangsung dari dua tempat berbeda yang terpisah dengan jarak 30 mil atau sekitar 7.6 Km.

Di mana ada seorang dokter bedah dengan perangkatnya, dan satu tempat lagi ruang bedah dengan hewan bersama robot yang dikontrol oleh si dokter dari jarak jauh.

 

Sang dokter hewan mengungkap tidak ada kendala selama melakukan operasi. Sebab, dengan 5G, celah waktu yang dialami cuma berlangsung selama 0,1 detik antara perangkat bedah yang digunakan dengan si robot yang bertugas di ruang bedah.

Para peneliti yang memanfaatkan 5G mengklaim kalau kecepatan sinyal tersebut bisa mengurangi risiko kesalahan fatal dalam operasi.

Ke depannya,mereka berharap 5G bisa membantu operasi semacam remote surgery di tempat-tempat terpencil seperti lokasi bencana, perbatasan, dan lainnya.

Rekomendasi