Akusisi Fossil, Google Garap Smartwatch Mewah

| 19 Jan 2019 11:25
Akusisi Fossil, Google Garap <i>Smartwatch</i> Mewah
Smartwatch Fossil (Techcrunch)
Jakarta, era.id - Google dikabarkan telah mengakusisi perusahaan jam tangan mewah Fossil senilai 40 juta dolar AS atau sekitar Rp567 miliar. Raksasa teknologi itu juga memboyong tim divisi dan riset produk smartwatch Fossil untuk bergabung ke Google.

"Kami membangun dan memutakhirkan teknologi yang potensial untuk meningkatkan platform smartwatch kami yang sudah ada," jelas Greg McKelvey, Eksekutif Vice President and Chief Strategy dan Digital Officer Fossil, seperti dikutip dari Cnet, Sabtu (19/1/2019).

Dalam rilis perusahaannya, Greg mengharapkan kerja sama dengan Google dalam mengembangkan wearable smartwatch, terlebih dengan platform WearOS. Tim ini bisa juga akan menggarap desain smartwatch Google yang baru.

"Wearable, yang dibuat untuk kesehatan, kesederhanaan, personalisasi, dan kemampuannya untuk membantu, berkesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan berbagai informasi dengan cepat," ujar Stacey Burr, president management untuk platform WearOS Google dalam pernyataannya.

Belum jelas apa yang membuat Google tertarik untuk mengakuisisi Fossil, meski 40 juta dolar bagi Google memang bukanlah uang yang banyak. Namun yang jelas, teknologi yang bikin Google tertarik ini kabarnya berbasis pada teknologi yang didapat Fossil saat mereka mengakuisisi Misfit senilai 260 juta dolar ASpada 2015 lalu.

Di sisi lain, mengutip Techcrunch, kerja sama Google dan Fossil telah membuahkan produk smartwatch berbasis sistem operasi milik Google khusus untuk wearable device, Google Wear OS.  Smartwatch tersebut bernama Fossil Sport yang dirilis November lalu dan diotaki chip wearable 3100 besutan Qualcomm yang diklaim membuat smartwatch lebih hemat baterai. 

Tak hanya itu, Google dan para mitranya termasuk Fossil, telah memperbanyak fitur kebugaran saat mereka merancang smartwatch. Salah satunya adalah pengembangan aplikasi Google Fit yang memiliki fitur Move Minutes dan Heart Point. 

 

Rekomendasi