Virgin Galactic Terbangkan Penumpang Pertama ke Luar Angkasa

| 24 Feb 2019 15:43
Virgin Galactic Terbangkan Penumpang Pertama ke Luar Angkasa
Beth Moses penumpang pertama uji coba wisata luar angkasa (Twitter @Virgin galactic)
Jakarta, era.id - Wisata luar angkasa sudah bukan lagi angan-angan semata. Sebab pesawat Virgin Galactic milik triliuner Richard Branson, telah berhasil membawa penumpang sipil pertamanya terbang ke angkasa dalam uji coba terbarunya.

Melansir dari The Verge, Beth Moses yang merupakan Chief Astronaut Instructor Virgin Galactic jadi penumpang perempuan pertama dalam uji coba penerbangan komersial untuk turis. 

"Kru pesawat menikmati pemandangan luar biasa Bumi dari angkasa dan merasakan mengapung di udara selama beberapa menit," sebut Virgin Galactic seperti dikutip dari The Verge, Minggu (24/2/2019).

 

Pesawat pengangkut WhiteKnightTwo terbang dari landasan Mojave Air and Space Port di California. Pesawat yang dibawanya, SpaceShip Two VSS Unity kemudian dilepaskan di ketinggian sekitar 13 kilometer. VSS Unity pun mengangkasa sampai 88 kilometer di atas permukaan Bumi.

Melalui akun Twitternya, Virgin Galactic membagikan momen-momen meneganggan pesawat SpaceShip Two VSS Unity melayang-layang di angkasa. 

 

Sebelumnya, pada Desember 2018, VSS Unity sudah terbang dalam uji coba sampai ketinggian 82,7 kilometer. Artinya, VSS Unity telah melampaui tepian angkasa yang menurut pemerintah Amerika Serikat berada di ketinggian 80 kilometer. Kini, ia terbang sedikit lebih tinggi.

Melihat uji coba penerbangan komersial ke angkasa berhasil, badan antariksa nasional Amerika Serikat (NASA) pun ikut mengucapkan selamat. 

 

Dengan keberhasilan uji coba penerbangan komersil luar angkasa ini, semakin membesarkan rencana Richard Branson untuk membawa banyak wisatawan. Bagi yang berminat mencoba, para calon turis angkasa yang sudah mendaftar sejak jauh-jauh hari, dengan biaya sekitar 250 ribu dolar AS atau kurang lebih sekitar Rp3.5 miliar per orang.

Selain Virgin Galactic, setidaknya ada dua perusahaan lain yang berlomba membawa turis ke antariksa. Yaitu Blue Origin milik Jeff Bezos serta SpaceX kepunyaan Elon Musk.

 

Rekomendasi