Ada Suguhan Spesial di Hari Jadi Soundgarden

| 11 Mar 2019 17:28
Ada Suguhan Spesial di Hari Jadi Soundgarden
Soundgarden (Foto: Instagram @soundgarden)
Seattle, era.id - Menandai berdirinya Soundgarden 35 tahun silam, label rekaman A&M/UMe akan merilis seri album sang ikon grunge dalam format piringan hitam berwarna dengan jumlah terbatas. 

Dalam rentang waktu yang ditentukan, para penggemar juga bisa melakukan pra-pembelian seluruh lima album milik Chris Cornell dkk; Superunknown, Louder Than Love,  Badmotorfinger,  Down On The Upside, dan King Animal dengan harga lebih murah ditambah bonus sebuah litograf eksklusif yang didesain dan ditandatangani oleh pengarah kreasi lama dari band ini, Josh Graham.

"2019  menandai hari jadi Soundgarden yang ke-35 dan untuk merayakannya kami bergairah untuk memngumumkan peluncuran Album-Of-The-Month Club. Setiap bulan, edisi terbaru sebuah piringan hitam berwarna dari album rilisan label rekaman A&M kami akan diluncurkan, diawali dengan album Superunknown pada 5 April mendatang," demikan pernyataan band seperti dinukil dari Blabbermouth, Senin (11/3/2019).

 

Soundgarden dibentuk oleh vokalis Chris Cornell bersama gitaris Kim Thayil dan bassis Hiro Yamamoto pada 1984 yang dilengkapi drummer Matt Cameron dua tahun kemudian.

Kesuksesan band ini tergurat ketika mereka merilis album Superunknown  via A&M pada 1988, yang melahirkan single hits Black Hole Sun dan Spoonman.

Sejak saat itu, Soundgarden menjelma menjadi salah satu band rock paling berpengaruh di muka Bumi. Sebuah kelompok musik dengan sertifikasi penjualan album platinum dan peraih Grammy Awards yang memiliki barisan komposisi menyengat.

Hanya saja, setelah Soundgarden tampil dalam tur Amerika Utara di Fox Theater Detroit pada 18 Mei 2017, Chris Cornell mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Berdasarkan hasil uji toksikologi atau pengujian terhadap kandungan kimia pada jenazah Chris, ditemukan beberapa senyawa obat seperti Naloxone, Butalbital, Lorazepam, dan Pseudoephedrine plus Ativan dengan dosis tinggi.

Tiga personel Soundgarden tersisa; Kim Thayil, Matt Cameron, dan bassis Ben sheperd tampil dalam konser penghormatan bertajuk I Am the Highway: A Tribute to Chris Cornell pada 16 Januari 2019 di The Forum, Los Angeles. Dalam acara ini turut hadir Metallica, Foo Fighters, para personel Audioslave; Tom Morello (gitar), Tim Commerford (bass) dan Bard Wilk (drum), serta dua anggota Pearl Jam Stone Gossard dan Jeff Ament plus Miley Cyrus, Brandi Carlile, dan Chris Stapleton. 

"Saya rindu kehadirannya (Chris). Saya rindu inspirasi kolaboratif yang dia bawa ke dalam tim dan keluarga yang kami bangun ini selama bertahun-tahun. Sepertinya tidak mungkin kami melanjutkan Soundgarden tanpa serpihan yang hilang," kata Kim saat itu.

Kendati terkesan pesimistis akan masa depan Soundgarden, Kim berjanji akan merampungkan materi baru yang dikerjakan band dia saat kematian Chris. 

"(Rekaman dan perilisan album baru) itu sedang dibahas," tandas Kim.

 

Tags : album musik
Rekomendasi