Minuman Dingin dan Hangat, Mana yang Lebih Sehat?

| 19 May 2019 17:22
Minuman Dingin dan Hangat, Mana yang Lebih Sehat?
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan ini kamu punya banyak keinginan minuman untuk berbuka. Ada yang harus pakai es, atau ada yang cukup dengan teh hangat.

Eits, mau minum yang dingin atau yang hangat, ternyata sama-sama memiliki manfaat dan risiko tersendiri lho. Simak informasi yang kami rangkum dari Boldsky tentang air dingin dan hangat.

Manfaat minum air hangat

1. Meredakan rasa sakit

Minum air hangat memiliki kemampuan untuk mengurangi pembengkakan di tenggorokan. Ini bekerja sangat baik untuk tenggorokan yang teriritasi dan kering. 

Air hangat sangat berguna di pagi hari ketika kamu bangun dengan tenggorokan kering dan rasa sakit yang disebabkannya saat menelan apa pun. 

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Minum air hangat meningkatkan aliran darah dalam sistem peredaran darah. Telah dibuktikan dalam beberapa penelitian bahwa ketika tubuh terpapar pada suhu tinggi, aliran sel darah meningkat secara signifikan.

3. Meningkatkan pergerakan usus

Minum segelas air hangat saat perut kosong adalah cara yang baik untuk merangsang usus besar agar buang air besar lebih mudah. Lebih lanjut, ini juga mengatur tubuh untuk penyerapan makanan yang lebih baik. 

4. Membantu penurunan berat badan

Mengonsumsi air hangat dikenal sebagai yang terbaik untuk membantu proses penurunan berat bada

n. Sebab, air hangat membantu penurunan nafsu makan, berat badan dan indeks massa tubuh.

5. Meningkatkan pencernaan

Air hangat telah menunjukkan hasil yang bermanfaat dalam memudahkan proses pencernaan. Pengobatan Tiongkok kuno dan Ayurveda mengklaim, air hangat di pagi hari dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan. 

Selain itu, air hangat juga mencegah sembelit, karena merangsang aliran darah ke usus.

6. Mendetoksifikasi tubuh

Air hangat dengan setengah irisan jus lemon adalah obat rumahan untuk mendetoksifikasi tubuh. Mengonsumsi air hangat juga dapat mengurangi racun dan mengobati jerawat dan masalah kulit lainnya.

7. Meredakan hidung tersumbat

Minum air hangat ketika hidung tersumbat bisa menjadi obat terbaik bagi kamu. Air hangat berfungsi sebagai ekspektoran alami, karena membantu pengusiran dahak dari saluran pernapasan serta membantu melawan pilek.

8. Mengurangi stres

Air hangat dapat membantu mengelola tingkat stres dan kecemasan. Kehangatan cairan dinyatakan bermanfaat dalam hal mengelola stres.

Risiko minum air panas

1. Hindari minum air panas setelah berolahraga, karena dapat berkontribusi terhadap pemanasan berlebihan pada tubuh 

2. Minum terlalu banyak air panas seringkali dapat menghambat kemampuan konsentrasi, karena hal itu menyebabkan sel-sel otak membengkak. 

3. Jumlah air panas yang tidak perlu sebelum tidur dapat memengaruhi pola tidur Anda. 

4. Air hangat yang dikonsumsi berlebihan ternyata dapat merusak ginjal.

Manfaat minum air dingin 

1. Memerangi serangan panas

Ketika sinar matahari yang terik bersinar terang di atas kepala, itu akan menghabiskan energi. Karenanya, air dingin akan bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan panas.

2. Membantu penurunan berat badan 

Mirip dengan air panas, mengonsumsi air dingin juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Air dingin penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak. Dengan demikian, minum dan mandi di air dingin dapat membantu proses pembakaran lemak.

3. Berolahraga membuat suhu tubuh naik dari dalam. Dalam keadaan seperti itu, minum air dingin bermanfaat untuk menurunkan panas tubuh.

Risiko minum air dingin 

1. Minum air dingin diketahui menyempitkan pembuluh darah dan ini akan menyebabkan pengurangan hidrasi.

2. Air dingin membuat sulitnya tubuh mencerna makanan karena cairan dingin memadatkan lemak dalam aliran darah. 

3. Air dingin malah memanaskan tubuh saat karena mengeluarkan lebih banyak energi untuk menghangatkannya di dalam tubuh. 

4. Air dingin diketahui membentuk lendir berlebih di sistem pernapasan, sehingga menyebabkan kemacetan dan risiko infeksi tenggorokan.

Rekomendasi