Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin, Mana yang Jadi Favorit Anda?

| 25 Jul 2023 17:05
Minuman Hangat Saat Cuaca Dingin, Mana yang Jadi Favorit Anda?
Ilustrasi minum hangat (Pexels/Pixabay)

ERA.id - Akhir-akhir ini sebagian besar masyarakat Indonesia merasakan suhu udara yang lebih dingin dari biasanya pada waktu malam hari. Namun, ternyata hal tersebut merupakan hal yang lumrah, sebab pada saat ini memang sedang memasuki peralihan. Sebuah fenomena yang disebut sebagai “musim bediding”, gambaran perubahan suhu malam hari di masa awal kemarau. Ada banyak cara untuk menyiasati pola hidup sehat di masa-masa demikian, salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman hangat. Lantas apa saja minuman hangat saat cuaca dingin yang dapat dikonsumsi?

Ilustrasi (Bluebird Provisions/Unsplash)

Dirangkum dari beberapa sumber, di bawah ini adalah 4 rekomendasi minuman hangat yang dapat Anda nikmati saat musim bediding:

Wedang Jahe

Jenis minuman penghangat tubuh ini terbuat tanpa adanya campuran rempah-rempah yang lain. Anda cukup menyiapkan jahe dan gula merah, dan selanjutnya tambahkan air panas, sudah pasti mampu menghangatkan tubuh Anda. Selain itu, mengonsumsi wedang jahe akan mencegah flu dan batuk ketika musim bediding.

Sekoteng

Sekoteng merupakan salah satu jenis minuman yang cocok untuk dikonsumsi saat cuaca dingin. Jenis minuman ini terbuat dari rebusan air jahe yang berisi campuran kolang kaling, kacang, dan roti. Selain memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, minuman yang satu ini juga dapat dinikmati oleh seluruh kalangan.

Susu Kunyit

Seperti namanya, susu yang berasal dari kunyit ini memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya dapat meningkatkan sistem imun, mencegah kerusakan sel, dan mengurangi peradangan.

Anda tinggal menuangkan susu tanpa gula ke dalam teko, kunyit bubuk dengan takaran satu sendok teh, dan sepotong kecil jahe atau bisa juga dengan menggunakan sedikit jahe bubuk untuk meracik minuman susu kunyit.

Selanjutnya jika Anda ingin menambah varian rasa, Anda juga dapat menambahkan kayu manis dan madu. Campurkan semua bahan tersebut, kemudian rebus hingga 10 menit, saring, dan siap untuk dikonsumsi.

Kembang Tahu atau Tahwa

Minuman kembang tahu atau tahwa ini dibuat dari sari pati tahu yang dicampur kuah jahe dan gula aren. Jenis minuman kembang tahu ini biasanya dapat Anda temui di pinggir jalan. Kebanyakan minuman ini dijual oleh pedangan yang berkeliling kampung dengan sepeda atau kendaraan roda dua.

Bajigur

Tentunya Anda tahu dengan minuman khas Jawa Barat ini. Bajigur memang sudah populer dengan rasa manis dan legitnya. Minuman ini memang lebih cocok jika dikonsumsi pada malam hari karena rasa hangatnya.

Dari sejarahnya, minuman ini konon tercipta dari kebiasaan para petani Jawa Barat yang seringkali meracik minuman dari gula aren, sebelum berangkat menuju sawah.

STMJ

Minuman STMJ merupakan singkatan dari susu, telur, madu, dan jahe. Minuman yang berasal dari Kota Malang ini sudah seringkali ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Manfaat yang ditawarkan yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina. Terlebih Anda sangat bisa membuat minuman ini dengan mudah.

Nah, demikianlah ulasan mengenai minuman hangat saat cuaca dingin. Selain dengan mengonsumsi minuman-minuman di atas, Anda juga harus menjauhi beberapa jenis makanan dan minuman di masa musim bediding ini. Misalnya es, buah-buahan yang terlalu tinggi kadar kelembapannya seperti semangka, melon, jeruk, dll.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi