Poster Anyar Gundala Ungkap Tokoh Misterius dan Petunjuk Cerita

| 29 May 2019 13:14
Poster film Gundala terbaru. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Setelah video teasernya dirilis beberapa waktu lalu dan berhasil menggugah rasa penasaran para pecinta film Indonesia, kali ini para kru film Gundala kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan poster terbarunya. Yang menarik, poster tersebut tidak hanya menunjukkan sisi jagoan dari Gundala, tapi juga menyingkap beberapa tokoh misterius dan petunjuk cerita. 

Melalui media gathering yang digelar kemarin sore, para kru film dari Gundala yang terdiri dari Joko Anwar (Sutradara), Abimana Aryasatya (Sancaka/Gundala), Muzakki Ramdhan (Sancaka kecil), Tara Basro (Wulan/Merpati), Marissa Anita (Ibu Sancaka) dan Cecep Arief Rahman (Swara Batin), sama-sama menyingkap poster tersebut yang benar-benar dijaga kerahasiaannya. 

"Poster ini tentunya akan memberi petunjuk, jalan ceritanya seperti apa, dan ada beberapa tokoh dari dunia komik Gundala yang terlihat tapi namanya tidak ditulis di poster itu," ungkap Joko Anwar kepada era.id.

Seperti dilihat, poster tersebut memperlihatkan sosok Gundala yang berdiri sigap dengan kostum lengkapnya di antara rintik hujan deras dengan petir yang menyambar. Di belakangnya terdapat latar sebuah lorong kota yang kumuh dan terdiri dari beberapa gedung bertingkat.

Di atas dua gedung tersebut berdiri beberapa tokoh misterius yang melihat ke arah sang jagoan. Di atas tulisan Gundala juga terdapat tagline yang berbunyi 'Negeri Ini Butuh Patriot.' 



Tentu yang paling pertama menyita perhatian adalah sosok Gundala yang berdiri di tengah yang menyiratkan bahwa dirinya hadir untuk menyelesaikan berbagai masalah yang ada.

Hal itu pun bersinergi dengan teaser resmi Gundala yang menunjukkan dua bentrokan kubu di trailer pendek tersebut, termasuk dengan perkataan ayah Sancaka (Rio Dewanto); "Kalau orang lain tidak mau memperjuangkan keadilan, bukan berarti kita harus begitu juga kan, Nak". Tentu kalimat ini akan semasa sosok Gundala yang hadir untuk menyelesaikan pertikaian yang ada.  

Hal itu juga menyiratkan dengan hadirnya dua belas karakter yang terlihat seperti berseberangan. Seolah Gundala berada di antara dua kubu tersebut untuk menjadi penengah. Apalagi dengan petunjuk negeri ini butuh patriot. Tentu menjelaskan bahwa Gundala adalah sosok berjiwa nasional yang mencoba mengingatkan kepada dua kubu tersebut hentikan pertikaian demi keutuhan negeri. 

Tak kalah menyita perhatian adalah kehadiran beberapa tokoh tersebut yang benar-benar dijaga kerahasiannya oleh para sineas film tersebut. Menurut Joko sendiri, tokoh-tokoh tersebut merupakan bagian dari kisah-kisah Gundala yang ditulis Hasmi. "Kalau yang akrab dengan cerita Gundala, tentu akan familiar dengan mereka."

Yang paling mudah dikenali tentu adalah tokoh Pengkor (Bront Palarae), tokoh jahat di cerita tersebut yang berdiri paling depan di sisi kanan. Sedangkan sosok Swara Batin (Cecep Arief Rachman) juga misterius dan belum diketahui apakah ia di kubu jagoan atau penjahat.

Sementara karakter Wulan yang diperankan Tara Basro juga belum bisa dipastikan apakah akan menjadi Merpati seutuhnya (jagoan wanita di cerita Gundala) atau hanya sebagai cameo semata. Semuanya serba misterius dan belum tahu seperti apa perannya. 

Kostum Gundala 

Yang menjadi perhatian juga kostum Gundala yang kali ini terlihat praktikal dan didominasi warna merah dan hitam. Tentu berbeda dengan versi komik yang berwarna hitam dengan topeng masih memperlihatkan lingkaran mata dan area sekitar dagu. Hal ini juga menjadi petunjuk jalan cerita yang lagi-lagi dirahasiakan alasannya.

"Kenapa dia pake kostumnya itu? Itu nanti dijelaskan diceritanya. Yang jelas kostumnya practical dan dibuat lebih membumi dan realistis," kata Joko Anwar. 
 


Sekedar informasi, kostum tersebut dibuat di Amerika Serikat bersama perusahaan yang memproduksi kostum untuk film maupun serial Hollywood seperti Watchmen dan Daredevil (Netflix). Abimana Aryasatya sendiri diterbangkan ke Amerika Serikat untuk proses fitting. 

"Gue ke sana seminggu. Terus di sana badan gue di scan, terus masuk dalam ruangan. Untuk topengnya, muka dan kepala gue dipakein lilin biar bentuknya sesuai. Yang ngerjain ternyata orang Amerika keturunan Indonesia juga."

"Lucunya, kostumnya pertama itu kebesaran. Jadi orangnya datang ke Indonesia, ukur ulang dan dijahit di sini juga. Hasilnya, bisa dilihat di poster," tutur Abimana. 

Film Gundala merupakan karakter pertama yang difilmkan dari Bumilangit Studios. Bumilangit Studios memiliki hak cipta untuk lebih dari 1.100 karakter legenda komik Indonesia. Bukan cuma Gundala, masih banyak lagi karakter keren yang nantinya muncul dalam Jagat Sinema Bumilangit. Beberapa bahkan akan muncul dalam film Gundala. Semuanya akan bisa dilihat nanti 29 Agustus mendatang.
Rekomendasi