Dukung Timnas Basket Indonesia Berlaga di FIBA World Cup 2023

| 20 Jul 2019 17:15
Dukung Timnas Basket Indonesia Berlaga di FIBA World Cup 2023
Timnas Baske Putra Indonesia (Twitter @timnasbasketIndonesia)
Jakarta, era.id - Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olah Raga mendukung penuh pelaksanaan kejuaraan bola basket dunia (FIBA) ASIA CUP 2021 dan FIBA World Cup 2023, di mana Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

“Bola basket adalah olah raga yang digemari oleh anak muda. Prestasi kita di level Asia Tenggara pun cukup bagus dan konsisten. Dengan adanya FIBA World Cup 2023, kita seharusnya bisa merealisasikan mimpi kita untuk berprestasi di tingkat Asia dan dunia,” kata Menpora Imam Nahrawi dalam keterangan pers yang diterima era.id, Sabtu (20/7/2019).

Dukungan itu disampaikan langsung dalam pertemuannya dengan Ketua Badan Tim Nasional PP Perbasi, Syailendra Bakrie dan Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Erick Thohir, pada Jumat (19/7).

Menpora mengungkapkan, persiapan tim nasional bola basket Indonesia tentu akan mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Dia mengatakan, kemenpora pun tengah menunggu pertemuan dengan FIBA untuk mengkonkritkan kerjasama ini.

Menpora Imam Nahrawi bersama Ketua Badan Tim Nasional PP Perbasi, Syailendra Bakrie dan Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Erick Thohir (dok istimewa)

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir mengapresiasi dukungan dari pemerintah memberikan perhatian besar pada tim nasional basket Indonesia untuk bisa berlaga pada FIBA World Cup 2023, yakni ketika Indonesia menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina.

“Kerjasama erat antara pemerintah, Perbasi dan FIBA sangat penting demi suksesnya penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 dan peningkatan prestasi tim nasional bola basket Indonesia,” kata Erick.

Timnas bola basket putra Indonesia kini sedang berbenah untuk melakoni kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 yang merupakan jalan menuju ajang FIBA World Cup 2023.

Ada 24 negara yang berpartisipasi dan dibagi menjadi enam grup. Tugas timnas bola basket putra Indonesia pada fase kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 juga tak mudah lantaran tergabung bersama Filipina, Korea Selatan, dan Thailand di Grup A.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 digelar dengan format kandang-tandang pada akhir November hingga awal Desember 2019, dan Februari 2020. Ajang tersebut nantinya akan menggunakan sistem home and away.

 

Rekomendasi