Harmony Jadi Sistem Operasi Baru Huawei

| 09 Aug 2019 20:32
Harmony Jadi Sistem Operasi Baru Huawei
Sistem operasi baru Huawei (Twitter @Huawei Mobile)
Jakarta, era.id - Huawei resmi mengumumkan sistem operasi (OS) terbarunya bernama Harmony. OS baru itu diumumkan dalam konferensi developer tahunannya Huawei di China.

Menurut CEO Huawei, Richard Yu, Harmony merupakan OS yang siap untuk menjadi penantang dominasi Android maupun iOS di semua lini perangkat teknologi. 

"OS Harmony sangat berbeda dengan Android dan iOS," ujar Yu sebagaimana dikutip dari Engadget, Jumat (9/8/2019).

Disampaikannya, Harmony OS tak hanya dapat beroperasi di perangkat ponsel saja, melainkan juga untuk speaker pintar, mobil, komputer, jam tangan pintar, maupun tablet. Huawei memastikan platform buatanya itu dapat bekerja dengan berbagai ukuran RAM, mulai dari kilobyte hingga ratusan gigabyte.

"Anda dapat mengembangkan aplikasi sekali, lalu secara fleksibel menyebarkannya di berbagai perangkat yang berbeda," ungkapnya.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">That&#39;s a wrap on day 1 at <a href="https://twitter.com/hashtag/HDC2019?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#HDC2019</a> ! Today, 5 of our distinguished guests walked us through 5 keynotes and several exciting announcements – one including the arrival of <a href="https://twitter.com/hashtag/HarmonyOS?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#HarmonyOS</a>. So don’t look away, there’s more coming tomorrow. <a href="https://t.co/eQtsNuJdkT">pic.twitter.com/eQtsNuJdkT</a></p>&mdash; Huawei Mobile (@HuaweiMobile) <a href="https://twitter.com/HuaweiMobile/status/1159808667086196736?ref_src=twsrc%5Etfw">August 9, 2019</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

OS Harmony juga akan mendukung berbagai aplikasi khusus. Selain itu, aplikasi Android, HTML 5, Linux, juga dapat berjalan di OS tersebut. Namun, belum diketahui apakah platform tersebut dapat mengakses berbagai layanan Google.

Menurut Yu, sistem operasi Harmony mulai dikembangkan Huawei sejak dua tahun lalu dan belum dipublikasikan. Barulah ketika Huawei masuk ke dalam daftar hitam Departemen Perdagangan AS, Huawei mempercepat pengembangan OS yang sebelumnya disebut-sebut bernama HongMeng agar mendukung perangkat teknologinya.

OS Harmony 1.0 akan diadopsi oleh produk-produk layar pintar Huawei yang akan datang, seperti Honor Vision TV. Selamat tiga tahun ke depan, Huawei mengoptimalkan OS ini ke berbagai lini produk yang membawa versi 2.0 ke pasar pada tahun 2020 dan versi 3.0 satu tahun kemudian.

 

Rekomendasi