Benjolan Bukan Satu-satunya Tanda Kanker Payudara

| 20 Sep 2019 10:05
Benjolan Bukan Satu-satunya Tanda Kanker Payudara
Ilustrasi (Foto: Waldryano/Pixabay)
Jakarta, era.id - Kanker payudara merupakan kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel itu pada umumnya akan membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Kanker ini seringkali sulit dideteksi sejak dini karena ukurannya yang kecil.

Oleh sebab itu, para perempuan direkomendasikan untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri atau oleh layanan medis untuk memeriksa apakah terdapat benjolan pada area payudara. Namun, benjolan bukan satu-satunya tanda kamu terkena payudara lho.

Lalu apa saja tanda kanker payudara selain benjolan?

1. Iritasi kulit

Iritasi kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk penggunaan bra yang tidak nyaman. Namun ternyata, iritasi kulit juga bisa menjadi tanda bahwa kamu terkena kanker payudara.

Kanker bisa ditandai dengan munculnya ruam atau terjadi iritasi pada payudara seperti gatal atau panas dalam waktu yang lama. Demikian menurut Jessica Shepherd, MD, seorang ginekolog di Baylor Scoot & White Womens Health Group yang berbasis di Dallas, dikutip dari The Healthy.

2. Muncul freckles

Tanda gelap atau bintik hitam yang tidak biasa muncul di kulit harus segera diperhatikan. Karena hal itu bisa menjadi tanda kanker langka yang agresif atau dikenal kanker payudara inflamasi, menurut Dr. Johnson, direktur bedah payudara di Pusat Pengobatan Kanker Amerika di Atlanta. 

3. Bintik merah atau memar

Tanda lain dari kanker payudara adalah timbulnya memar atau bintik merah selama dua sampai tiga minggu. Namun, Dr Johnson mengatakan tanda ini merupakan tanda kanker payudara yang sangat jarang terjadi. Kendati demikian, jika kamu menemukan bintik merah untuk waktu yang lama sebaiknya periksa ke dokter.

Rekomendasi