Gejala Awal Kanker Payudara, Ayo Cek Sejak Dini!

| 22 Oct 2022 10:04
Gejala Awal Kanker Payudara, Ayo Cek Sejak Dini!
Ilustrasi payudara (Unsplash)

ERA.id - Terdapat beberapa gejala awal kanker payudara yang harus diwaspadai. Hal tersebut lantaran setiap orang memiliki gejala kanker payudara yang berbeda, namun beberapa orang tidak memiliki tanda atau gejala sama sekali.

Jika menemukan gejala-gejala kanker payudara, segera periksakan dengan dokter (Unsplash)

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kanker payudara adalah penyakit di mana sel-sel di payudara tumbuh di luar kendali. Ada berbagai jenis kanker payudara, tergantung pada sel mana di payudara yang berubah menjadi kanker.

Kanker payudara dapat dimulai di berbagai bagian payudara. Payudara terdiri dari tiga bagian utama: lobulus, saluran, dan jaringan ikat. Lobulus adalah kelenjar yang menghasilkan susu. Saluran adalah tabung yang membawa susu ke puting. Jaringan ikat (yang terdiri dari jaringan fibrosa dan lemak) mengelilingi dan menyatukan semuanya. Perlu diketahui, sebagian besar kanker payudara dimulai di saluran atau lobulus.

Kanker payudara dapat menyebar ke luar payudara melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Ketika kanker payudara menyebar ke bagian lain dari tubuh, makan dapat dikatakan telah menyebar.

Macam-Macam Kanker Payudara

●   Karsinoma duktal invasif: ketika sel-sel kanker dimulai di saluran dan kemudian tumbuh di luar saluran ke bagian lain dari jaringan payudara. Sel kanker invasif juga dapat menyebar, atau bermetastasis, ke bagian lain dari tubuh.

●   Karsinoma lobular invasif: ketika sel kanker dimulai di lobulus dan kemudian menyebar dari lobulus ke jaringan payudara yang berdekatan. Sel-sel kanker invasif ini juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Gejala Awal Kanker Payudara dan Beberapa Tanda Peringatan

●        Benjolan baru di payudara atau ketiak (ketiak).

●        Penebalan atau pembengkakan pada bagian payudara.

●        Iritasi atau lesung pipit pada kulit payudara.

●        Kemerahan atau kulit terkelupas di area puting atau payudara.

●        Menarik puting atau rasa sakit di area puting.

●        Keluarnya cairan dari puting selain ASI, termasuk darah.

●        Perubahan ukuran atau bentuk payudara.

●        Nyeri di setiap area payudara.

●        Perlu diingat bahwa gejala ini dapat terjadi dengan kondisi lain yang bukan kanker.

Jika Anda memiliki tanda atau gejala yang mengkhawatirkan Anda, pastikan untuk segera menemui dokter Anda.

Bagaimana Bentuk Payudara Normal?

Tidak ada payudara yang khas. Apa yang normal bagi Anda mungkin tidak normal bagi wanita lain. Kebanyakan wanita mengatakan payudara mereka terasa kental atau tidak rata.

Namun payudara Anda terlihat besar dapat dipengaruhi oleh menstruasi Anda, memiliki anak, kehilangan atau penambahan berat badan, dan minum obat tertentu. Payudara juga cenderung berubah seiring bertambahnya usia.

Apa Arti Benjolan di Payudara?

Banyak kondisi yang dapat menyebabkan benjolan di payudara, termasuk kanker. Tetapi sebagian besar benjolan payudara disebabkan oleh kondisi medis lainnya. Dua penyebab paling umum dari benjolan payudara adalah kondisi payudara fibrokistik dan kista.

Kondisi fibrokistik menyebabkan perubahan non-kanker pada payudara yang dapat membuat payudara menjadi kental, nyeri, dan nyeri. Kista adalah kantung berisi cairan kecil yang dapat berkembang di payudara.

Selain gejala awal kanker payudara, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi