Drumer Cream Nan Eksperimental Ginger Baker Kritis

| 27 Sep 2019 15:48
Drumer Cream Nan Eksperimental Ginger Baker Kritis
Ginger Baker (Wikimedia)
Jakarta, era.id - Drumer band legendaris Cream, Ginger Baker kritis. Keluarga musisi 80 tahun itu telah mengonfirmasi kondisi mengkhawatirkan Baker.

Kabar ini diumumkan pihak keluarga lewat akun Twitter Baker sendiri. Keluarga meminta seluruh penggemar Baker untuk mendoakan sang legenda.

 

Di awal tahun 2019, Baker sempat menyampaikan kondisi kesehatannya yang terus memburuk sejak 2013. Menurut Baker, kebiasaan merokok menyebabkan penyakit paru-paru obstruktif kronis di dalam tubuhnya.

Selain itu, Baker juga diketahui menderita sakit punggung kronis akibat osteoartritis degeneratif. Kondisi kesehatan lain Baker tergambar ketika ia menjalani operasi jantung terbuka pada 2016.

Baker dikenal lewat kiprahnya bersama Eric Clapton dan Jack Bruce di medio 60-an. Dalam band british rock itu, Baker menelurkan karya-karya berpengaruh, seperti I Feel Free, Strange Brew, hingga yang paling dikenal, Sunshine Of Your Love.

Di dunia musik, Baker dikenal sebagai salah satu musisi yang paling doyan bereksperimen. Saat Cream pecah, Baker melanjutkan karier musiknya bersama Clapton dengan membentuk Blind Faith.

Setelahnya, Baker membentuk sebuah proyek musik beraliran jazz-rock fusion bernama Ginger Baker's Air Force. Band berukuran besar itu bukan proyek sembarangan. Ginger Baker's Air Force adalah supergroup. Steve Winwood hingga penyanyi bersuara istimewa, Diane Stewart ada di dalamnya.

Meski besar bersama Cream, Ginger Baker's Air Force adalah cinta sejati Baker. Musik Afrika yang berpengaruh besar dalam musik Ginger Baker's Air Force berhasil mencuri hati Baker. Kala itu, Baker bahkan memutuskan tinggal di Afrika. Di sana, ia kerap menggarap karya bersama Fela Kuti, musisi multi-instrumen masyhur dari Benua Hitam.

 

Tags : album musik
Rekomendasi