Konsumsi Wortel Bisa Jadi Solusi Penyakit Kronis

| 05 Oct 2019 18:03
Konsumsi Wortel Bisa Jadi Solusi Penyakit Kronis
Ilustrasi (pixabay)
Konsumsi Wortel Bisa Jadi Solusi Berbagai Penyakit Kronis

Jakarta, era.id - Sejak kecil para orang tua sering kali memasukan sayuran pada makanan anak-anaknya. Berbagai cara dilakukan agar anak mengonsumsi sayur karena sayuran sangat kaya akan kandungan serat. Salah satunya sayuran wortel.

Sayur berwarna cerah ini memiliki warna yang berbeda seperti merah, kuning, putih, oranye, bahkan ungu. Wortel yang berwarna cerah memiliki rasa yang manis, renyah, dan aromatik. Warna cerah pada wortel ini berasal dari beta-karoten --antioksidan yang akan dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A. 

Dilansir Blodsky, Sabtu (5/10/2019), wortel memiliki banyak jenis, di antaranya chentenay wortel, imprator wortel, nantes wortel, baby wortel, dan planet wortel.

Baca Juga:  Bolehkah Makan Biji Kopi secara Langsung?

Wortel menjadi salah satu sayuran yang kaya akan manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan. Menurut British Journal of Nutrition, wortel memiliki kalori yang rendah dan kaya akan serat. Ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jika Anda sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, wortel bisa menjadi pilihan makanan Anda.

Sayuran ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik --yang dapat mengurangi risiko penyakit jangung dan stroke, demikian menurut European Journal of Nutrition. Wortel merupakan sumber serat dan kaya akan antioksidan seperti karoteboid, vitamin C, dan polifenol uang berkontribusi terhadap kesehatan jantung. 

Selain untuk jantung, Cancer Epidemiology and Prevention Biomarkers mengungkapkan bahwa wortel juga memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko dari berbagai jenis kanker seperti kanker paru, prostat, usus besar, dan kanker lambung. 

Menurut sebuah penelitian dari American Journal of Clinical Nutrition, keberadaan karoteneid pada wortel dikenal juga melindungi tubuh dari kanker paru dan kanker payudara. Studi lain dari Journal of the National Cancer Institute juga mengungkapkan bahwa mengonsumsi wortel akan lebih rendah risiko kanker usus besar. 

Manfaat lain dari wortel adalah mengurangi tekanan darah. Wortel mengandung kalium yang dapat membantu menenangkan ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri. Serta meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah tinggi --penyebab tinggi serangan jantung dan stroke, demikian menurut Journal of the American Society of Nephrology.

Melihat banyak manfaat yang dihasilkan dari wortel tentu membuat Anda tersadar bukan? Bahwa orang tua sejak dulu menginginkan anaknya untuk makan sayur agar tetap sehat dan menjaga dari berbagai penyakit berbahaya.

Tags : kesehatan
Rekomendasi