Tak Sabar Menanti Kehadiran PlayStation 5

| 09 Oct 2019 18:46
Tak Sabar Menanti Kehadiran PlayStation 5
Rumor Desain PlayStation 5 (LetsGoDigita)
Jakarta, era.id - Setelah beragam spekulasi dan rumor, Sony akhirnya secara resmi mengkonfirmasi kehadiran konsol penerus PlayStation 4. Melalui blog resminya, konsol yang akan dinamai PlayStation 5 (PS5) ini akan diluncurkan pada musim liburan tahun 2020.

Itu artinya sekitar setahun lagi, suksesor PlayStation 4 akan diresmikan. "Saya dengan bangga membagikan bahwa generasi selanjutnya dari konsol kami akan disebut PlayStation 5 dan kami akan meluncurkannya pada musim liburan 2020," kata presiden Sony Interactive Entertainment, Jim Ryan.

"Musim liburan" di sini mengacu pada periode menjelang Natal dan tahun baru di penghujung 2020. Hal ini memang kerap dilakukan Sony saat meluncurkan konsol terbarunya dengan jadwal mendekati musim libur, untuk mengantisipasi momen belanja. 

Saat peluncuran PS4 misalnya, diresmikan pada 15 November 2013, lalu PS4 Pro pada November 2016. Jadi bisa diduga bahwa waktu peluncuran PS5 pun mungkin bakal berkisar di bulan November.

Kabar PS5 yang bakal segera rilis ini tentunya jadi berita besar bagi para penggemar konsol PlayStation di seluruh dunia. Sebab tak lama lagi, kita akan merasakan pengalaman baru dalam bermain game di konsol generasi selanjutnya.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="en" dir="ltr">PlayStation 5 launches holiday 2020: <a href="https://t.co/VuaxUVoBaR">https://t.co/VuaxUVoBaR</a> <a href="https://twitter.com/hashtag/PS5?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#PS5</a> <a href="https://t.co/MPkKyRaHio">pic.twitter.com/MPkKyRaHio</a></p>&mdash; PlayStation (@PlayStation) <a href="https://twitter.com/PlayStation/status/1181544095950368768?ref_src=twsrc%5Etfw">October 8, 2019</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

Dilansir Wired, Sony juga mengumumkan beberapa perubahan yang akan terjadi pada PlayStation 5, terutama pada sektor controller. Sony akan menggantikan tombol 'rumble' yang ada di controller PlayStation saat ini dengan teknologi sentuhan alias haptic.

"Update ini mungkin bukan kejutan besar, tapi kami ingin mengkonfirmasinya pada fans PlayStation, seiring kami mulai mengungkap detail tambahan tentang visi kami untuk konsol generasi selanjutnya," tambahnya.

Jim menyebutkan ada dua fitur kunci kontroller baru PlayStation 5. Pertama adalah adopsi haptic feedback serta inovasi yang disebut adaptive triggers untuk menambahkan sensasi baru dalam berbagai adegan game. Misalnya mengendarai mobil di permukaan berbatu akan lebih terasa.

Selain itu, perubahan juga akan terjadi pada penyimpanan data game di dalam konsol. Nantinya, di PS5 para pengguna bisa dengan bebas menginstal bagian-bagian tertentu saja, misalnya mode multiplayer saja atau single campaign. Jadi, tidak harus menginstal suatu game secara penuh.

Berdasarkan rumor yang beredar di internet sebelumnya, hardware PS5 akan jauh lebih bertenaga dibandingkan PS4 pendahulunya. PS5 disinyalir bakal dibekali pasangan CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD. 

Konsol ini pun kemungkinan akan bisa menjalankan game legacy (PS1 hingga PS4), serta mendukung berbagai macam teknologi grafis termutakhir untuk tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing dan resolusi 8K.

Sebelum meluncurkan PlayStation 5, beberapa game blockbuster telah disiapkan oleh Sony untuk diluncurkan pada akhir 2019 ini dan juga pada 2020. Beberapa game itu di antaranya adalah Death Stranding, The Last of Us Part II, dan Ghost of Tsushima.

 

Rekomendasi