Kaesang lah yang Jadi 'Prestasi' Bagi Kampus Singapura

| 12 Oct 2019 07:13
Kaesang lah yang Jadi 'Prestasi' Bagi Kampus Singapura
Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Instagram @kaesangp)
Jakarta, era.id - Fakta bahwa Kaesang Pangarep merupakan putra Presiden RI, Joko Widodo, ternyata tak banyak diketahui di Singapore University of Social Sciences (SUSS). Hal itu baru terungkap ketika Kaesang wisuda.

Dikutip dari laman Straitimes, mahasiswa SUSS tak terlalu memperhatikan keberadaan 'pria pendiam' di kelas mereka selama empat tahun. Oleh sebab itu, jadi mengejutkan ketika muncul kabar bahwa dia adalah putra Presiden Indonesia.

Kelulusan Kaesang ini, juga menjadi pertanda baik bagi Singapore University of Social Sciences (SUSS). Sebab pamor kampus yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Singapura ini, mulai dilirik calon-calon mahasiswa dari Indonesia. 

Sebenarnya kampus tersebut sudah berdiri sejak 2005 dengan nama SIM University. Namun kampus itu mengganti namanya pada 2017. Sehingga nama Singapore University of Social Sciences baru muncul dua tahun lalu. Jadi belum banyak mahasiswa yang melirik salah satu kampus di Singapura itu.

Diwawancara usai wisuda, Kaesang ditanya apa yang bisa dipelajari siswa Indonesia dari sekolah di Singapura, dia menjawab soal kedisiplinan. "Cara hidup di Singapura, semuanya adalah tentang disiplin. Itulah yang membentuk saya sekarang," ucap Kaesang.

Bisa jadi lulusnya Kaesang bakal menjadi prestasi tersendiri bagi SUSS. Terlebih bakal ikut mendongkrak pamor Kampus SUSS, naik dalam daftar ranking universitas dunia karena Putra bungsu Presiden Indonesia pernah bersekolah di sana. 

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Kae Sang Pangarep (@kaesangp) on

Tak hanya nama universitas yang ikut terdongkrak, hubungan bilateral antara Indonesia dan Singapura juga kecipratan vibe positif dari kelulusan Kaesang. Hal ini ditandai dengan kehadiran pertemuan Jokowi dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, beberapa hari sebelum acara wisuda Kaesang.

Sebelum kuliah di SUSS, Kaesang juga bersekolah di Singapura yaitu di Anglo-Chinese School (International). Sang kakak, Gibran Rakabuming, juga lulus kuliah dari Singapura yaitu Management Development Institute of Singapore pada 2007.

Rekomendasi