Cara Sederhana Atasi Kecanduan Smartphone

| 12 Oct 2019 19:27
Cara Sederhana Atasi Kecanduan <i>Smartphone</i>
Ilustrasi (pixabay)
Jakarta, era.id - Mari kita sepakat tentang satu hal: kecanduan smartphone itu nyata. Saat ini mustahil untuk hidup tanpa membawa barang ini. Hal yang sangat sulit dilakukan saat ini adalah berhenti untuk bermain ponsel pintar.

Kita semua juga mungkin sepakat bahwa sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik. Sama halnya dengan penggunaan smartphone. Terima kasih kepada sosial media, berkat kalian sebagian besar dari kita saat ini selalu terpaku dengan layar smartphone.

Sebenarnya tak salah untuk mengatakan smartphone kini telah menjadi bagian integral dari kehidupan setiap manusia. Namun, harus dibatasi dengan kondisi yang ada, yang justru akan berdampak buruk jika pemakaian berlebihan, seperti kecanduaan.

Untuk menghindari dan mengatasi kecanduaan smartphone yang sudah menjangkit berbagai kalangan. Mungkin tips di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda yang merasa sudah tergila-gila dengan gawai yang sudah seperti organ tubuh tambahan ini.

Baca Juga: Diet Teknologi, Yuk?!

Pertama adalah mengatur pola pikir. Jika Anda ingin mulai untuk menjauhi smartphone Anda, pastikan pikiran Anda siap untuk hal ini. Untuk ini, Anda harus memutuskan bahwa Anda tak akan memeriksa smartphone bila tidak diperlukan dan memberikan hukuman untuk diri sendiri jika bermain smartphone saat tidak diperlukan. Hukuman itu mungkin bisa seperti mematikan smartphone atau mengurangi penggunaan berikutnya.

Dikutip dari Bodlsky, yang kedua adalah mematikan notifikasi. Karena ini dianggap bisa menjadi cara untuk mengobati kecanduan smartphone, sebab notifikasi dapat mengalihkan pikiran Anda dalam waktu singkat. Dengan cara ini akan mengurangi keinginan Anda untuk memeriksa smartphone jika bel notifikasi tak berbunyi.

Ketiga adalah pergilah untuk berjalan-jalan singkat. Berjalan untuk sekedar mencari udara segar akan lebih baik daripada duduk seharian dengan smartphone di dalam kamar. Dengan berjalan, Anda tidak selalu memeriksa media sosial di smartphone Anda.

Baca Juga: VIDEO: Remaja Buta Akibat Game Jalani Pengobatan

Keempat adalah manfaatkan waktu luang untuk melakukan hal yang produktif. Anda bisa mengganti kebiasaan bermain smartphone dengan membaca buku, menonton film, atau sekedar ngobrol bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga, pacar, teman, atau bahkan tetangga Anda.

Dan kelima adalah hindari menyimpan smartphone di tempat tidur. Anda mungkin memiliki kebiasaan memeriksa smartphone sebelum dan sesudah tidur. Tapi sebenarnya kebiasaan ini bisa dihilangkan. Hindari untuk meletakkan smartphone yang dapat dijangkau dengan tangan Anda. Simpanlah barang ini di dalam lemari dan matikan koneksi internet dalam smartphone Anda. 

Sebagian orang mungkin tak bisa lepas dari smartphone karena tekanan kerjaan yang menjadi salah satu faktor kecanduan. Tetapi, menjauh sebentar dari smartphone bukanlah hal yang mustahil. Sedikit usaha, tekad, dan kejujuran dapat membantu Anda mengatasi kecanduan ini. Selamat mencoba guys

 

Tags : smartphone
Rekomendasi