Kenali Masalah Kesehatan dari Tempat Munculnya Jerawat

| 12 Oct 2019 20:10
Kenali Masalah Kesehatan dari Tempat Munculnya Jerawat
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Belakangan ini jerawat muncul di tubuhmu? Ternyata jerawat yang muncul di tubuh memiliki kaitan kesehatanmu. Kalau kamu menganggap jerawat muncul karena ketidakseimbangan hormon atau pori-pori tersumbat, kayaknya itu mesti dilupakan deh. Sebab, jerawat itu berkaitan dengan kesehatan kamu.

Dilansir dari The Indian Express, ada beberapa kaitan munculnya jerawat dengan masalah kesehatan.

1. Dahi

Jika jerawat di dahi Anda, ini berarti ada masalah di pencernaan kamu. Kalau sudah begini, kurangi kafein dan softdring. Kamu perlu minum banyak air serta tidur yang cukup.

2. Pipi

Jerawat di pipi terkait dengan masalah sistem pernapasan. Ini bisa disebabkan karena polusi atau kamu memang harus rajin membersihkan wajah. Karenya, kamu perlu pembersih udara di ruangan tempat bernaung. Jerawat di pipi juga memiliki kaitan dengan kebersihan gigi. 

3. Dagu

Jika kamu memiliki jerawat di dagu, itu bisa menjadi cerminan dari ketidakseimbangan hormonmu. Periksalah ke dokter kulit atau dokter kandungan. Sambil ingat kembali makanan yang kamu konsumsin, apakah sudah sehat atau belum.

4. T-Zone

Ini adalah area di antara alis, hidung, dan dagu. Jerawat yang muncul di sini, sering menunjukkan ketidakseimbangan pencernaan atau alergen makanan. Beberapa ahli menyarankan untuk mengurangi produk susu, junk food dan daging merah, dan menggantinya dengan sayuran berdaun hijau.

5. Punggung, paha, dan lengan

Jerawat di punggung, lengan dan paha sering disebabkan karena fluktuasi hormon atau genetika. Selain itu, kain lembab dan keringat yang menggosok kulit juga dapat menyebabkan jerawat ini. Para ahli menyarankan agar mereka yang rentan terhadap hal ini untuk mengenakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Serta, mencari sabun dan lotion tubuh yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Rekomendasi