'Gugatan' untuk Segala Rilisan MCU yang Tak Layak Disebut Film

Tim Editor

Di balik layar Avengers: Endgame (IMDB)

Jakarta, era.id - Kritik terhadap Marvel Studio berlanjut. Setelah Martin Scorsese, kini Francis Ford Coppola memperkuat penilaian tentang film-film dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) yang dianggap tak lebih dari sebuah taman hiburan.

Coppola menyebut apa yang dilakukan Marvel Studio lewat MCU sebagai hal tercela. Coppola, yang dikenal lewat trilogi epik The Godfather bahkan menyebut apa yang dikatakan Scorsese soal rilisan MCU yang tak layak disebut film sebagai pernyataan tepat.

"Ketika Martin Scorsese mengatakan bahwa gambar-gambar Marvel bukanlah film, dia (Scorsese) benar karena kita berharap untuk belajar sesuatu dari film. Kita berharap mendapatkan sesuatu, beberapa pencerahan, beberapa pengetahuan, beberapa inspirasi," kata Coppola dikutip NME via Al Arabiya, Senin (21/10/2019).

Coppola bahkan mengomentari pernyataan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson yang menyebut rilisan-rilisan MCU sebagai karya film favoritnya. Bagi Coppola, hal itu memalukan. Coppola bahkan menyebut selera film Boris akan "merusak Inggris".

Komentar super pedas dua sutradara paling disegani itu direspons oleh sejumlah sineas yang terlibat dalam garapan film MCU. Sutradara seri film Guardian of the Galaxy James Gunn, misalnya. Gunn mengaku sedih dengan penilaian tersebut. Sementara itu, pemeran Iron Man, Robert Downey Jr menyatakan menghormati pendapat Scorsese tentang film-film yang ia bintangi.

Scorsese sebelumnya mengomentari banyaknya orang yang keluar masuk studio bioskop untuk menonton film MCU berkali-kali. Bagi Scorsese yang dikenal lewat film-film kualitas tinggi seperti Taxi Driver (1976) dan Goodfellas (1990) atau The Wolf of Wallstreet (2013), fenomena ini aneh. Sebab, karya-karya MCU bahkan tak layak disebut film.

Di mata Scorsese, film harus memberikan pencerahan, pengetahuan, dan inspirasi bagi penontonnya. Dan yang dilakukan MCU, bagi Scorsese, jauh dari standar tersebut.

“Ini (karya MCU) bukan film. Ini bukan tentang manusia yang mencoba menyampaikan pengalaman emosional dan psikologis kepada manusia lain," kata Scorsese kepada majalah The Empire.

Tag: marvel hari film nasional 2018

Bagikan: