Aksi-Aksi Heroik Kiper 'Dadakan'

Tim Editor

Kyle Walker (Sport-English)

Jakarta, era.id - Bek Manchester City, Kyle Walker, secara dadakan ditunjuk menjadi kiper saat melawan Atalanta pada laga keempat Grup C Liga Champions 2019-2020 di San Siro, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. Ia ditunjuk menjadi kiper ketiga setelah City kehilangan dua kiper permanennya yakni Ederson Moares dan Claudio Bravo.
 


Ederson yang turun sebagai starting XI mengalami cedera yang tidak terduga sehingga ditarik keluar pada babak kedua. Sementara Bravo yang sempat menggantikan Bravo harus menerima kartu merah dengan laga sembilan menit tersisa.

Dalam sembilan menit krusial tersebut, bek Inggris itu berhasil melakukan dua penyelamatan. Ia sukses menyelamatkan tendangan bebas Atalanta dan sebuah kesempatan emas dari tim tuan rumah pada menit-menit akhir. Citizens pun harus puas berbagi angka 1-1 dengan Atalanta.

Selain Walker, ada beberapa pemain bintang yang pernah menjadi kiper dadakan dan melakukan penyelamatan gemilang untuk timnya. Siapa saja mereka?

1. Felipe Melo

Pemain tengah asal Brasil ini menjadi kiper pada menit ke 90 saat memperkuat timnya Galatasaray melawan tuan rumah Elazigspor dalam partai Liga super Turki (25/11/2012) lalu. Kiper utama mereka, Fernando Muslera kena kartu merah di menit ke 90 akibat melakukan pelanggaran keras terhadap pemain Elazigspor. Sialnya selain kartu merah, Galatasaray juga diberi ganjaran dengan tedangan penalti di akhir pertandingan terebut. Untungnya, Melo berhasil memblok tendangan penalti itu.
 


2. Dani Alves

Bek kanan Paris-Saint Germain, Dani Alves mendadak menjadi kiper saat menghadapi Sochaux dalam partai perdelapanfinal Piala Perancis dini hari tadi (07/02/2018).  Dalam kemenangan PSG 4-1 itu, Alves mendadak menjadi kiper PSG di menit ke 90.

Pasalnya PSG sudah tidak bisa melakukan pertukaran pemain karena sudah melakukan 3 kali pergantian pemain yang merupakan batas maksmimal pertukaran pemain. Hingga peluit panjang dibunyikan, Alves yang kini berseragam Sao Paulo tersebut berhasil menjaga gawang PSG dari kebobolan saat menjadi kiper dadakan dalam pertandingan itu.
 


3. Dimas Drajad

Penyerang Timnas Indonesia U-23 itu menjadi kiper dadakan saat Indonesia bersua Brunei dalam laga kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Saat pertandingan mau usai, ia mengisi pos kiper, karena penjaga gawang sebelumnya Muhamad Riyandi di kartu merah. Kendati tidak bermain di sana lama, tapi dirinya sukses menjaga kemenangan Tim Merah Putih. Setelah pada masa injury time menggagalkan tendangan penalti pemain Brunei. Selain hal itu, Dimas juga berhasil buat satu gol dalam laga tersebut.


 

Tag: suporter sepak bola

Bagikan: