Film Kucumbu Tubuh Indahku Jadi Jawara di FFI 2019

Tim Editor

Foto Ifa Isfansyah via IMDB

Jakarta, era.id - Prestasi yang dicetak film Memories of My Body atau Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho belum berhenti. Setelah jadi wakil Indonesia dalam ajang Academy Awards atau Piala Oscar untuk kategori Internasional Feature Film, film berdurasi 1 jam 47 menit itu jawara di Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2019.

Saat menerima Piala Citra FFI 2019 di atas panggung, produser Ifa Isfansyah berkelakar penonton tak perlu khawatir karena mereka takkan menyanyikan lagu India, hal yang sebelumnya dilakukan Muhammad Khan, pemeran “Kucumbu Tubuh Indahku” yang membawa pulang penghargaan Aktor Terbaik.

"Kami semua harus berterima kasih pada Rianto, salah seorang koreografer yang tinggal di Tokyo yang telah sangat ikhlas menyerahkan kisah hidupnya untuk kita adaptasi,” kata Ifa seperti dilansir Antara, Minggu (9/12/2019).

Film Kucumbu Tubuh Indahku dirilis pada 18 April 2019. Diadaptasi dari kisah hidup seorang penari Lengger bernama Rianto. Mengisahkan tentang perjalanan hidup Juno --diperankan oleh Muhammad Khan-- yang punya sifat maskulin sekaligus feminin dalam tubuhnya. Tari Lengger sendiri merupakan budaya asli Indonesia yang berasal dari Banyumas. 

Film ini punya paket lengkap. Kucumbu Tubuh Indahku disebut-sebut sebagai film yang tidak hanya memiliki bahasa oral dengan gambar saja, tetapi memiliki bahasa batin dan rasa yang mendalam. 

Meski sempat menuai kontroversi lewat aksi boikot karena menampilkan tema LGBT, nyatanya film garapan Garin ini sudah mendapat sejumlah penghargaan internasional. Seperti penghargaan bergengsi Venice Independent Film Critic 2018, Film Festival Des 3 Continents 2018, dan Asia Pasicif Awards 2018. 

Film yang menandai 38 tahun Garin Nugroho berkarya ini, juga membuat sang sutradara kawakan untuk pertama kali membawa pulang Piala Citra untuk Sutradara Terbaik.

"Kucumbu Tubuh Indahku" memborong delapan penghargaan dalam FFI 2019, yakni Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Cerita Panjang Terbaik.

FFI 2019 memberikan penghargaan untuk 21 kategori, meliputi 18 film cerita panjang, delapan film dokumenter panjang dan pendek, enam film animasi pendek, dan enam film cerita pendek yang dinominasikan tahun ini.

Tiga film yang paling banyak mendapatkan nominasi Piala Citra 2019 adalah "Kucumbu Tubuh Indahku", "Dua Garis Biru", dan "Bumi Manusia" dengan masing-masing total 12 nominasi.
 

Tag: film indonesia

Bagikan: