Kenalkan Quique Setien, Entrenador Baru Barcelona

| 14 Jan 2020 09:38
Kenalkan Quique Setien, <i>Entrenador</i> Baru Barcelona
Quique Setien (Standard.co.uk)
Jakarta, era.id - Barcelona memecat Ernesto Valverde dan menggantinya dengan Quique Setien. Setien akan terikat kontrak sebagai pelatih tim utama hingga Juni 2022. 

"FC Barcelona dan Quique Setien telah menjalin kesepakatan untuk menjadi pelatih tim utama hingga 30 Juni 2022," tulis pernyataan resmi Barcelona di situs klub, Selasa (14/1/2020). 

Siapa sih Setien? namanya juga masih asing di telinga banyak orang.

El Entrenador berusia 61 tahun itu disebut pelatih veteran dan jam terbang yang cukup tinggi. Setien sudah dua dekade jadi pelatih, mulai dari menangani Racing Santander di tahun 2001. Sejak 2017 ia juga menangani Real Betis. Pada musim 2017-2018, ia membawa Real Betis finis di peringkat enam, posisi tertinggi klub di La Liga sejak 2005.

Dilansir dari berbagai sumber, sebagai pelatih, perjalanan karier pria kelahiran Santander ini terbilang biasa-biasa saja. Ia hanya menangani klub-klub tak populer macam Logrones, Lugo, Las Palmas hingga Real Betis. Dari daftar klub tersebut, hanya Real Betis yang terbilang cukup punya nama di sepak bola Spanyol.

Sejak dulu, Setien adalah pengagum Johan Cruyff. Setien mengaku Cruyff sukses menunjukkan sepak bola bisa dimainkan dengan lebih baik lewat pola permainan yang dikembangkannya.

"Saya telah menyalin banyak hal dari Barca. Benar bahwa suatu hari saya memberi tahu Johan Cruyff bahwa dia telah memberikan warna bermain di timnya," tutur Setien kepada Marca.

Pada musim lalu, Setien berhasil membawa Betis mengalahkan Barcelona di Camp Nou dengan skor 4-3. Bukan hanya Barcelona, Setien juga mampu membawa Betis mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu.

Selamat Bekerja coach..

Tags : barcelona
Rekomendasi