Cryogenic, Usaha, dan Mimpi Menuju Kehidupan Abadi

Tim Editor

Cryogenic (nypost)

Jakarta, era.id - Saat ibu dari Alexei Voronenkov yang berusia 70 tahun meninggal, ia membayar sejumlah uang agar otak milik ibunya dibekukan dengan harapan terobosan dalam sains suatu hari nanti akan dapat menghidupkannya kembali.

"Saya melakukan ini karena kita sangat dekat dan saya rasa ini satu-satunya kesempatan bagi kami untuk bertemu lagi di masa depan," kata Voronenkov.

Ia juga berniat untuk dibekukan ketika ia mati.

Sebuah perusahaan asal Rusia menawarkan layanan bagi orang-orang yang ingin membekukan otak atau tubuh mereka setelah mati. Harapannya otak atau tubuh yang dibekukan bisa dihidupkan kembali di masa depan dengan teknologi baru yang belum ditemukan saat ini.

KrioRus menawarkan jasa membekukan otak yang dibanderol dengan harga 11.000 Pounds atau sekitar Rp 195 juta dan jasa membekukan tubuh yang dihargai 28.000 Pounds (Rp 498 juta).

Otak dari ibu Alexei adalah salah satu dari 71 otak dan mayat manusia - yang oleh KrioRus disebut sebagai "pasien" - direndam dalam nitrogen cair di fasilitas penyimpanan milik KrioRus.

Bagaimana cara teknologi yang disebut sebagai cryogenic ini mengawetkan otak dan tubuh orang yang sudah mati? Otak dan tubuh disimpan pada suhu -196 derajat Celcius (-320,8 derajat Fahrenheit) di dalam tong besar berisi nitrogen cair dengan tujuan melindungi mereka dari kerusakan.


Cryogenic (nypost)

Selama teknologi menghidupkan orang mati belum ditemukan, selama itu pula mereka akan dibekukan. Prosedur tersebut diklaim akan memelihara semua neuron dan elemen penghubung di otak. Dari sudut pandang ilmiah, ingatan dan sebagian besar fungsi informasi dan identitas individu dikodekan dan dipelihara.

Direktur KrioRus, Valeriya Udalova mengatakan prosedur cryogenic ini bisa membantu banyak orang yang merasa kehilangan setelah ditinggal orang terdekatnya dengan harapan ada teknologi yang bisa menghidupkan kembali orang yang meninggal dunia bisa diciptakan, walau saat ini belum ada jaminannya.

“Apa yang dapat kita lakukan untuk kerabat kita yang mati? Pemakaman yang bagus, album foto. Kami melangkah lebih jauh, membuktikan cinta mereka bahkan lebih,” katanya seperti dilansir NYpost, Kamis (16/1/2020).

"Layanan yang kami berikan untuk pelestarian manusia, demi kepribadiannya," sambung Valeriya.

Tapi layanan cryogenic dari KrioRus ditentang oleh Kepala Komisi Pseudoscience Akademi Sains Rusia, Evgeny Alexandrov. Ia mengatakan cryogenic hanyalah bisnis yang tidak memiliki dasar ilmiah.

"Ini adalah sebuah fantasi berspekulasi tentang harapan orang-orang akan kebangkitan dari kematian dan mimpi kehidupan abadi," katanya kepada surat kabar Izvestia.

Selain otak dan tubuh manusia, KrioRus juga melayani cryogenic untuk hewan peliharaan. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2003 itu sudah membekukan 71 otak atau tubuh manusia dan 39 hewan hingga saat ini. Selain itu, mereka juga mengklaim ada 400 orang yang mendaftar untuk dibekukan jasadnya bila mereka mati nanti.

Tag: chipset teknologi 7nm

Bagikan: