Lagi, Brand Lokal Jiplak Karya Seniman Luar

| 25 Jan 2020 09:56
Lagi, <i>Brand</i> Lokal Jiplak Karya Seniman Luar
Karya yang dijiplak (Instagram)

Jakarta, era.id -  Brand lokal asal Indonesia, Erigostore terciduk menjiplak hasil karya seniman asal Polandia Nora Potwora. Tak lama setelahnya, kini kasus serupa juga dialami seniman asal Belarusia, Xenijawo. Karyanya dijiplak oleh brand lokal Zeotic Syztem.

Pelaku plagiat desain diketahui adalah orang yang sama yakni seorang desainer freelance di dua brand tersebut @yudhistiart

Tak berselang lama setelah kasus mencuat, Zeotic Syztem selaku brand yang kedapatan memakai desain milik Xenojiwo ini mengunggah permohonan maaf melalui instagram resmi miliknya (@zeotic_syztem).

Melalui unggahan Instagram pribadinya, Xenijawo membagikan rasa kecewanya terhadap Yudhistiart yang telah mencuri karya miliknya. Dalam unggahan tersebut Xenijawo mengatakan karya yang diunggahnya di platform DevianArt telah di curi dan diperjualbelikan oleh brand Zeotic Syztem tanpa izin dan tanpa sepengetahuannya. 

Sayangnya setelah kasus ini mencuat, Yudhistia justru menutup akun Instagramnya. Sebelum menutup akunnya, Yudhistiart sempat mengunggah permohonan maaf dan pengakuan telah menggunakan desain milik Xenijawo yang ia ambil dari google.  Duh...

Tags : unj plagiat
Rekomendasi