2020 Pakai iPhone 6, Masih Layak Enggak sih?

Tim Editor

IPhone 6 (Foto: Pexels/Mustafa ezz)

Jakarta, era.id - Saat ini iPhone seri 11 pro sudah dirilis. Namun, seri lamanya yakni iPhone 6 masih banyak disukai penggemar produk Apple. Harganya yang terjangkau dan performa yang gesit menjadi daya tarik bagi penggunanya. Namun, apakah iPhone 6 masih layak digunakan tahun ini?

iPhone 6 dan iPhone 6s resmi dirilis pada 25 September 2014. Sejak saat itu, banyak masyarakat di penjuru dunia yang berbondong-bondong untuk mendapatkannya. Awal dirilis, iPhone 6 dibanderol dengan harga 849 dolar AS atau setara dengan Rp11,4 juta, sedangkan iPhone 6s plus dibanderol dengan harga 949 dolar AS atau setara dengan Rp12,8 juta.

Pada tahun 2020, harga iPhone 6 menurun drastis. Di e-commerce Indonesia seperti Shopee, harga iPhone 6 second dibanderol dengan harga Rp1,5 juta-2 juta (tergantung kondisi smartphone), sedangkan untuk iPhone 6 baru dijual dengan harga Rp2 juta-Rp3 juta.

iPhone 6 hadir dengan perubahan desain yang sangat menarik dibandingkan iPhone keluaran sebelumnya, iPhone 5S. iPhone 6 tampil dengan sudut lebih bulat sehingga nyaman untuk dipegang.

Smartphone besutan Apple ini dibalut dengan cangkang berbahan aluminium yang kuat dan solid, serta terdapat beberapa varian warna, yaitu space gray, silver, dan gold. Ukuran dimensi iPhone 6 lebih besar dibandingkan iPhone 5S.

iPhone 6 dibekali dengan layar sentuh yang berukuran 4,7 inci dengan resolusi HD dan panel IPS teknologi Retina Display. Layar iPhone 6  dilindungi antigores berupa ion-strengthened glass dan oleophobic coating.

Untuk kapasitas baterai, iPhone 6 bukan pilihan tepat untuk bermain game dalam waktu lama. Tapi tenang, smartphone ini masih sanggup buat diajak main Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, dan game-game berat lainnya. Walau usianya sudah 5 tahun, iPhone 6 mampu menjalankan permainan kelas berat.

Kalau kamu tipe pengguna smartphone hanya untuk bermain media sosial, streaming video, foto pemandangan, selfie, atau merekam video, iPhone 6 masih sangat layak digunakan. Untuk mengambil foto atau video, iPhone masih bisa diandalkan karena dibekali kamera 8 MP.

Saat ini, iPhone 6 masih mendukung iOS 12 dan terus menerima update versi iOS berikutnya. Dengan dukungan update software seperti ini iPhone 6 dijamin tetap relate dengan tren masa kini, walaupun ada beberapa fitur baru yang tidak bisa kita rasakan.

Tag: produk apple smartphone

Bagikan: