Vietnam Dominasi Piala Presiden Esports 2020

| 03 Feb 2020 14:19
Vietnam Dominasi Piala Presiden Esports 2020
Piala Presiden Esports 2020 (Dok. Kemenpora)
Jakarta, era.id - Grand final Piala Presiden Esports 2020 digelar pada 1-2 Februari 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. 

Ada tiga game yang dipertandingkan dalam turnamen tersebut yakni Free Fire, Pro Evolution Soccer (PES), dan Fruit Dart dari MPL. 

Atlet dari Indonesia Aby Ramadhan berhasil meraih juara dan mengalahkan 31 atlet lainnya di cabang gim Fruit Dart dari MPL (Mobile Premier League). Sementara Nguyen Tuanh Anh yang merupakan atlet dari Vietnam berhasil memenangkan pertandingan eFootbal Pro Evolution Soccer (PES). Tim asal Vietnam, Team Flash berhasil meraih juara dalam final Piala Presiden cabang Free Fire. Tim Indonesia Dranix Vendera dan Louvre berada posisi kedua dan ketiga.

Turnamen kali ini diikuti oleh beberapa negara di Asia Tenggara di antaranya Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Kamboja.

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi dan kagum atas pelaksanaan Piala Presiden Esport 2020. Hal intu Menpora sampaikan usai menutup final Piala Presiden Esport 2020.

Menurut Menpora pagelaran Piala Presiden Esport tahun 2020 lebih meriah dari pelaksanaan di tahun sebelumnya, hal itu ia nilai dari banyaknya jumlah peserta yang lebih banyak.

"Pelaksanaan Piala Presiden Esport 2020 ini lebih meriah pendaftarnya saja lebih dari 177.000 peserta jika di tahun 2019 ada sekitar 18.000-an peserta saja," katanya di Jakarta, Minggu (2/2).

Hal ini menunjukkan antusias dari penggemar Esport makin hari semakin meningkat dan saat ini diikuti oleh negara-negara Asean.

"Saat ini tuan rumahnya Indonesia tetapi juaranya dari Vietnam jadi ini menunjukkan sportifitas dan fairnessnya di junjung tinggi jadi bukan mentang-mentang tuan rumah harus juara, tidak," tegasnya.

Pemerintah akan terus menggandeng para sponsor untuk mendorong perkembangan Esport kedepan. "Terima kasih kepada KONI Pusat, PB Esport kementerian dan lembaga terkait, pemerintah akan mendorong terus keterlibatan pihak-pihak sponsor karena kemampuan pemerintah dan sumber daya pemerintah untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan besar seperti ini sangat terbatas," ujarnya.

"Jika penyelenggaraan pertandingannya semakin hari semakin baik, profesionalisme, transparan dari panitia maka akan banyak sponsor juga yang akan ikut, semoga kedepan semakin berkembang dan menjadi penyaluran yang baik untuk anak-anak muda kita karena di dalamnya ada sportifitas dan profesionalisme," tutupnya.  

Final Piala Presiden Esport 2020 memperebutkan hadiah total Rp600 juta.

Turut mendampingi Menpora, Deputi Pembudayaan Olahraga R. Isnanta, Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Aris Subiyono, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Wakil Ketua Dewan Pembina PB Esport Sandiaga S. Uno.

 

Tags : konsol game
Rekomendasi