Tips Antigatal dan Jamuran Saat Banjir Melanda

| 26 Feb 2020 07:05
Tips Antigatal dan Jamuran Saat Banjir Melanda
Ilustrasi (Holeysocksart dari Pixabay)
Jakarta,era.id - Sejak dini hari, Selasa (25/2/2020) hujan telah mengguyur sejumlah wilayah di Ibu Kota DKI Jakarta. Akibatnya, genangan air pun terjadi dan menganggu aktivitas masyarakat. Belum lagi soal dampaknya bagi kesehatan, misalnya penyakit kulit kutu air yang terjadi karena infeksi jamur.

Agar kesehatan kaki tetap terjaga dan terawat di musim hujan, berikut hal-hal yang bisa  dipraktikkan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Merendam air dengan air garam

Ketika menerjang banjir, maka bergegaslah untuk membersihkan kakimu dengan air bersih. Jangan lupa juga menggosok kaki dengan sabun antiseptik. Selanjutnya, keringkan kaki dengan handuk bersih dan rendam kakimu dengan air garam selama 30 menit agar kuman-kuman tersebut mati.

2. Scrub kaki

Scrub kaki dapat mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kaki tetap mulus dan lembut. Jika melakukan scrub sebaiknya hindari menggosok kaki dengan keras. Dengan melakukan scrub pada kaki dipercaya dapat terhindar dari infeksi jamur. Melakukan perawatan secara rutin juga mampu menjaga kesehatan kulit kaki.

3. Gunakan pelembab

Kondisi kulit yang selalu lembab sangat diperlukan di kala musim. Tetapi bukan maksudnya kondisi lembab karena air banjir. Cara mudah dan benar dalam menjaga kelembaban kaki adalah dengan menggunakan pelembab atau body lotion. 

Balurkan pelembab ke kakimu sambil dipijat secara lembut. Selain itu, memakai moisturizer juga dapat meminimalisir stres di kaki di kala penatnya rutinitas.

4. Salep antijamur

Bila terkena kutu air maka bergegaslah untuk mengoleskan krim atau salep antijamur seperti miconazole, clotrimazole, dan terbinafine. Jika tak ada hasil juga, dokter akan memberikan salep khusus yakni butenafine. Namun kalau tak mempan juga, segera lakukan konsultasi dengan dokter atau apotoker. 

5. Minum obat

Jika sudah parah maksimal dan tak kunjung sembuh, jalan satu-satunya yaitu minum obat. Jamur dengan kategori parah apabila infeksi sudah menjalar hingga ke kuku jari-jari. Dokter akan memberikan obat kortikosteroid agar mengurangi rasa gatal akibat infeksi jamur

Tags : banjir
Rekomendasi