Saat Virus Korona Jadi Inspirasi Musisi Buat Lagu

Tim Editor

Mister Cumbia (MSN)

Jakarta, era.id - Penyakit COVID-19 telah mewabah hampir di seluruh dunia. Para musisi tak mau ketinggalan momen dengan menciptakan lagu dengan tema virus korona baru atau coronavirus.

Beberapa waktu lalu, jagat musik tanah air digegerkan dengan lagu koplo berjudul Corona yang diplesetkan menjadi singkatan dari Comunitas Rondo Merana yang dinyanyikan oleh Alvi Ananta. Lagu tersebut menuai kecaman karena dianggap tak peka dengan wabah yang telah menewaskan lebih dari 3.000 orang itu.

Akhirnya, penyanyi dangdut itu menghapus video klip yang beredar di Youtube dan merilis ulang lagu tersebut dengan judul Corona Versi 2.

Lagu dengan genre electronic dance music ini rupanya memiliki arti berbeda dengan versi sebelumnya. Kali ini, pencipta dan penyanyi ingin menyampaikan rasa simpati atas mewabahnya virus Covid-19 ini. Lagu ini menyiratkan isi tentang perjuangan masyarakat Indonesia yang sedang berduka di negara China.

"Ini kisah sahabat negeriku yang sedang berduka di negeri tirai bambu. Ada yang bekerja dan menuntut ilmu. Karena musibah, kini terkatung katung," isi lirik dalam lagu Corona Versi 2.

Di belahan dunia lain, para musisi tak ketinggalan merilis lagu bertemakan virus korona dengan berbagai makna.

Dilansir dari Paragram, Senin (9/3/2020) ada lebih dari 60-an judul lagu dengan judul Coronavirus di platform musik Spotify.

Ada juga beberapa lagu di Spotify yang menggunakan kata 'Covid-19'. Salah satunya band metal asal Singapura, Dozenthrone yang mempopulerkan lagu Coronavirus. Jangan anggap remeh ya, lagu ini telah didengarkan sekitar seribu kali oleh para pengguna.

Adapula Mister Cumbia yang mempopulerkan lagu La Cumbia del Coronavirus Lagu ini mengingatkan masyarakat untuk selalu mencuci tangan dimana pun ia berada.

Selain itu, lagu ini mengingatkan orang-orang agar menghindari seseorang yang terjangkit virus korona.

Komedian asal Argentina Ramses Hatem juga menulis lagu yang bertajuk cORoNAviRUs yang telah di-streaming sebanyak 1.600 kali.

Hatem mengatakan bahwa ia sempat bimbang saat merilis lagu ini. Lagu ini dikaitkan dengan konteks virus korona dengan toxic relationship.
 

Tag: covid-19

Bagikan: