Asuransi Tak Cover Pembatalan Konser Akibat COVID-19, SXSW Merugi

| 09 Mar 2020 14:04
Asuransi Tak <i>Cover</i> Pembatalan Konser Akibat COVID-19, SXSW Merugi
Logo festival musik, teknologi dan film South by Southwest atau lebih dikenal dengan SXSW. (sxsw.com)
Jakarta, era.id - Festival musik, film, dan teknologi, South by Southwest atau lebih dikenal SXSW secara resmi membatalkan acara yang akan diselenggarakan di Austin, Texas, akibat wabah COVID-19.

Atas pembatalan ini, pihak penyelenggara pun mengaku merugi lantaran tidak memiliki asuransi untuk menanggung kerugian atas pembatalan tersebut. 

Pihak penyelenggara yang diwakili oleh Nick Barbaro menyampaikan kepada surat kabar Austin Chroniucle tentang kerugian yang dialaminya. Dia mengatakan festival yang sudah berjalan hingga 34 tahun terakhir ini tidak memiliki jaminan asuransi yang didasari oleh wabah korona baru tersebut. 

"Kami memiliki banyak asuransi (terorisme, cedera, perusakan properti, dan cuaca). Namun, infeksi bakteri, penyakit menular, virus, dan pandemi tidak tercakup," kata Roland Swenson selaku pendiri dan direktur SXSW seperti dilansir dari Variety.

South by Southwest ini secara resmi membatalkan agenda mereka pada Jumat (6/3). Pembatalan ini juga mengacu dari keputusan pemerintah Austin, Texas, Amerika Serikat atas wabah COVID-19 yang sudah mencakup 93 negara di dunia. 

 

"Kami sedang menjajaki opsi untuk menjadwalkan ulang acara dan bekerja untuk memberikan pengalaman SXSW secara virtual sesegara mungkin untuk para pemegang tiket," kata pihak perwakilan SXSW.

Dengan kejadian ini, banyak pihak asuransi yang juga berhenti menawarkan pilihan pembelian atas pembatalan karena virus. Dengan demikian, hal ini sangat berpengaruh besar kepada para pemegang tiket SXSW yang sudah membeli jauh hari sebelum merebaknya wabah korona baru. 

Sejumlah pemegang tiket pun sempat melakukan aksi protesnya melalui media sosial. Namun, pihak penyelenggara tidak bisa meng-cover atas pengembalian dana dan memberikan pilihan lain atas pembatalan tersebut. Pihak SXSW menawarkan untuk datang ke acara SXSW mendatang tanpa melakukan pembelian tiket dan akan membantu pengaturan ulang penginapan. 

South by Southwest (SXSW) rencananya akan diselenggarakan pada 13-22 Maret 2020. Namun, Wali Kota Austin, Texas, Steve Adler beserta jajarannya melakukan konferensi pers terkait pembatalan tersebut. 

"Dengan sangat menyesal South by Southwest dibatalkan. Hal ini demi siapa pun yang ada di kota ini dan saya menantikan kelanjutan South by Southwest berikutnya," kata Adler seperti dikutip dari Variety.

Rekomendasi