6 Manfaat Asuransi Perjalanan bagi Para Nasabah

| 16 Feb 2023 07:15
6 Manfaat Asuransi Perjalanan bagi Para Nasabah
Ilustrasi orang akan melakukan perjalanan jauh (pexels)

ERA.id - Asuransi perjalanan merupakan hal yang penting. Ada beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa didapatkan oleh nasabah, sayangnya banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

Biasanya, asuransi perjalanan hanya digunakan oleh nasabah saat akan atau sedang bepergian jauh, misalnya perjalanan bisnis atau liburan di tempat jauh. Jika terjadi sesuatu terkait risiko kesehatan selama perjalanan, nasabah cukup melakukan klaim. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai manfaat dari asuransi ini, simak penjelasan berikut seperti dikutip Era dari Kompas.

Manfaat Asuransi Perjalanan bagi Nasabah

·         Proteksi biaya medis

Kecelakaan atau terkena penyakit bisa terjadi tanpa diduga selama perjalanan. Jika hal yang tak diinginkan tersebut terjadi, Anda bisa memanfaatkan asuransi perjalanan untuk mengeklaim biaya perawatan medis.

Sebagai contoh, Anda berlibur ke luar negeri tetapi kemudian terserang penyakit di negara tersebut. Tanpa adanya asuransi, biaya yang harus dikeluarkan untuk pengobatan tersebut bisa membebani keuangan Anda. Namun, hal tersebut bisa teratasi dengan adanya asuransi perjalanan.

·         Kompensasi pembatalan perjalanan

Ilustrasi orang terdampak pembatalan perjalanan (unsplash)

Orang yang akan atau sedang melakukan perjalanan jauh dengan transportasi umum berisiko mengalami pembatalan perjalanan atau keterlambatan, misalnya perjalanan dengan pesawat. Tiket pesawat bisa dilakukan refund, tetapi Anda tidak bisa mengganti waktu yang telah terlewati. Kemungkinan yang lain, Anda harus mencari alternatif transportasi yang lain.

Namun, asuransi membuat nasabahnya mendapatkan kompensasi atas pembatalan atau penundaan perjalanan tersebut. Kompensasi bisa berupa gratis menginap di hotel, biaya transportasi alternatif, atau bentuk yang lain.

·         Ganti rugi kerusakan atau kehilangan bagasi

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan adalah penggantian atas kerusakan dan kehilangan bagasi saat naik pesawat. Asuransi perjalanan meminimalisasi kerugian akibat kerusakan atau kehilangan bagasi.

·         Sumbangan kematian

Kematian adalah adalah satu risiko dari perjalanan jauh. Asuransi perjalanan juga akan bertanggung jawab terhadap risiko tersebut. Jika nasabah meninggal dalam suatu perjalanan, pihak asuransi perjalanan memberikan kompensasi sebagai bentuk pertanggungan asuransi kepada keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu, asuransi perjalanan membantu biaya pertanggungan pada nasabah yang mengalami kecelakaan dalam perjalanan, kemudian cacat. Pertanggungan tersebut berupa tanggungan penghasilan berjangka waktu. Pertanggungan ini hanya diberikan kepada peserta atau pemegang polis asuransi yang tidak mampu bekerja karena cacat permanen.

·         Pertanggungan akibat bencana alam

Asuransi perjalanan juga memberikan pertanggungan akibat bencana alam selama perjalanan. Pertanggungan bisa berupa bantuan uang dari pihak asuransi kepada nasabah.

Pertanggungannya tak terbatas pada bencana alam, tetapi juga terorisme. Oleh sebab itu, manfaat asuransi perjalanan bisa membuat nasabah tidak cemas saat melakukan perjalanan jauh, baik materi maupun fisik.

·         Cakupan yang luas

Asuransi perjalanan punya cakupan yang luas. Kompensasi pertanggungan tidak hanya untuk perjalanan domestik, tetapi juga mancanegara. Fasilitas asuransi perjalanan ada yang mencakup dua premi, yaitu perjalanan luar negeri dan domestik.

Jika Anda termasuk orang yang rutin melakukan perjalanan ke luar negeri, Anda bisa menggunakan fasilitas keduanya sekaligus. Namun, jika Anda hanya bepergian pada salah satu tujuan (antara domestik atau mancanegara), gunakan fasilitas satu asuransi perjalanan.

Itulah berbagai manfaat asuransi perjalanan yang bisa Anda dapatkan sebagai nasabah. Asuransi perjalanan bertujuan membuat para nasabahnya merasa lebih aman dan nyaman saat melakukan perjalanan jauh. 

Rekomendasi