Hindari Sentuh Benda ini Agar Tidak Tertular COVID-19

| 11 Mar 2020 08:18
Hindari Sentuh Benda ini Agar Tidak Tertular COVID-19
Ilustrasi memegang tombol lift. (Daniel Nettesheim/Pixabay)
Jakarta, era.id - Virus COVID-19 telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sehingga, banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli sejumlah barang yang bisa mencegah penularan virus korona baru seperti masker dan hand sanitizer.

Hingga saat ini, belum ada vaksin terbaik untuk pengobatan virus COVID-19. Jadi, kamu harus selalu dengan waspada. Salah satunya dengan tidak menyentuh benda-benda berikut.

1. Menyentuh gagang pintu dan berjabat tangan

Para ahli mengatakan penyebaran virus korona paling umum adalah menyentuh barang yang telah terkontaminasi oleh pasien terinfeksi.

Virus ini dapat bekerja secara cepat apabila saat batuk atau bersin di tangan mereka. Kemudian pengidap akan menyentuh benda padahal virus korona berada di tangan mereka.

Menurut para ilmuwan virus ini dapat hidup pada permukaan keras yang disentuh oleh banyak orang selama berjam-jam dan bisa bertahan hingga sembilan hari. Permukaan keras yang dimaksud seperti pegangan pintu yang dianggap sebagai zona bahaya.

2. Gunakan pena untuk tekan tombol lift

Profesor Duke-NUS Medical School Singapura Wang Lin Fa mengatakan lift adalah tempat yang sangat berisiko karena semua orang menghirup udara dan menekan tombol yang sama. Jika tak ingin terjangkit virus korona, sebaiknya tekan tombol lift menggunakan pena.

3. Berhati-hati menyentuh toilet umum

"Lift dan toilet umum adalah tempat di mana saya akan sangat sangat berhati-hati menyentuh permukaan apa pun agar tidak berisiko terkena infeksi virus korona," ujar Profesor Wang.

4. Berhenti menyentuh wajah

Peneliti Universitas Oxford Alistair Miles mengatakan bahwa setiap orang harus berhenti menyentuh wajah mereka.

"Berhenti menyentuh wajahmu. Terutama berhenti menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda. Ini jauh lebih sulit daripada kedengarannya dan butuh latihan," ujar Alistair.

Virus dapat bertahan hidup lebih lama di permukaan. Ketika seseorang menyentuh wajah, maka virus dapat masuk ke dalam tubuh hingga membuatmu menjadi sakit. 

Tags : covid-19
Rekomendasi