Cerita Haru di Balik Film Onward

| 13 Mar 2020 18:08
Cerita Haru di Balik Film <i>Onward</i>
Film Onward merupakan produksi ke-22 dari Disney yang disutradarai oleh Dan Scanlon. (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Hampir dua dekade rumah produksi Disney dan Pixar telah menghadirkan sederet film animasi berkualitas. Berbagai karakter ikonik dengan visual mewah pun terlahir dari Disney dan Pixar. Salah satu yang menarik ialah kisah mengharukan di balik film animasi khas Disney, salah satunya film Onward.

Film Onward merupakan produksi ke-22 dari Disney yang disutradarai oleh Dan Scanlon. Dia merupakan salah satu tim kreatif yang sudah sangat lama berkecimpung di Pixar. Sebelum menggarap Onwards, Scanlon sudah lebih dulu dipercaya untuk menggagas film animasi Monster University. 

Lalu bagaimanakah Scanlon mendapatkan inspirasi untuk kisah film-film yang diproduksinya?

Animator sekaligus sutradara berusia 43 tahun ini mendapatkan ide cerita dari pengalaman pribadinya bersama sang kakak. Hal ini pun menjadi sebuah kisah nyata yang dituangkannya menjadi sebuah karya. 

Lewat film Onward, kisah nyata bersama dengan kakaknya pun dituangkan menjadi sebuah ide brilian. Di mana Ayah dari Scanlon meninggal dunia pada tahun 1977. Saat itu, usia Scanlon belum genap satu tahun dan tidak pernah tahu sosok ayahnya. 

 

Sejak saat itu kisah dan pengalamannya bersama sang kakak dia rangkum dan susun menjadi sebuah kisah menarik. Mulai dari mengumpulkan informasi, foto, hingga rekaman yang mereka miliki. 

Salah satu yang berhasil dia salurkan ke dalam film adalah saat adegan Ian Lightfoot memutar kaset rekaman ayahnya. Di mana adegan tersebut merupakan pengalaman pribadi Scanlon dan kakaknya yang menemukan sebuah kaset rekaman suara ayahnya. 

Ayahnya hanya mengucapkan dua kata, "Hi" dan "Bye". Lewat rekaman itulah Scanlon akhirnya bisa mendengar suara ayahnya meski tidak pernah berjumpa secara langsung. Selain itu, sosok Ibu yang diisi oleh suara Julia Louse-Dreyfus juga menjadi salah satu sumber inspirasinya. Scanlon menggambarkan sosok Ibu yang inspiratif dan kuat menghadapi apa pun.

"Ibuku melakukannya dengan luar biasa. Kita semua tahu ia juga merasa sedih. Namun, saya sangat bangga padanya karena di tengah kesedihannya, ia tetap berusaha untuk selalu tegar dan membesarkan kami berdua dengan sangat baik," kata Dan Scanlon seperti siaran pers yang diterima tim era.id.

Melalui film Onward, Scanlon mengaku bisa mengisi kekosongan ruang hampa yang selama ini menemani dirinya. Menurutnya, lewat film ini, dia menjadikannya sebuah momen spesial yang emosional untuk dirinya dan juga mendiang ayahnya.

Film Onward berkisah tentang petualangan seru sekaligus mengharukan dari dua kakak beradik, Barley (Chris Pratt) dan Ian Lightfoot (Tom Holland). Keduanya menciptakan sebuah keajaiban untuk bertemu mendiang ayahnya lewat ilmu sihir.

Keduanya pun berpetualang untuk mewujudkan hal itu menjadi kenyataan. Sayangnya usaha mereka harus mengalami berbagai rintangan yang menghadang. Film ini sudah tayang serentak sejak 4 Maret 2020. Selain menampilkan Tom Holland dan Chris Pratt, film yang diproduseri oleh Kori Rae ini juga turut dibintangi oleh Octavia Spencer, Ali Wong, dan juga Louis-Dreyfus.

 

Tags : film western
Rekomendasi