Rekomendasi Aktivitas Fisik di Rumah Setara 10.000 Langkah

Tim Editor

Ilustrasi (Chris Maya/Pixabay)

Jakarta,era.id - Untuk menjaga kebugaran fisik, setidaknya kamu harus berjalan hingga 10.000 langkah sehari untuk menjaga kebugaran. Rutin melakukannya dinilai mampu membantu menjaga berat badan, menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah, serta alasan kesehatan lain.

Tapi bagaimana saat pandemi korona yang mengharuskan seseorang tetap berada di rumah dan dilarang pergi ke tempat ramai seperti taman, atau pusat kebugaran?

Seperti dikutip dari Indian Express, Kamis (9/4/2020), ada beberapa aktivitas pengganti agar kamu tubuh kamu tetap bisa bergerak setara 10.000 langkah.

1. Beristirahatlah setiap jam

Ketika work from home dilakukan satu jam, kita bisa beristirahat sejenak selama beberapa menit dan memanfaatkan waktu dengan berjalan di sekitar rumah, balkon, atau taman jika kita memilikinya.

2. Membersihkan rumah dua kali

Kamu juga bisa keliling membersihkan area ruangan atau rumah kamu dua kali sehari. Membersihkan rumah adalah cara sederhana untuk menggantikan kalori yang terbuang setara 10.000 langkah. 

3. Melompat-lompat

Lakukan latihan lompat, seperti melompati tali atau melompat di tempat. Ini adalah cara menyenangkan untuk mendapatkan langkah ekstra supaya tubuh lebih aktif dan bugar.

4. Bolak-Balik

Kamu bisa berjalan-jalan keliling ruangan, teras, atau area depan rumah kamu. Jika menerima panggilan, kita bisa berkeliling di rumah. Mondar-mandir beberapa kali juga tak masalah.

5. Menari

Selesai bekerja, kita bisa menari ditemani lagu favorit. Boleh zumba atau modern dance tergantung selera kamu. Menari juga bisa jadi alternatif pengganti olahraga.
 

Tag: cabang olahraga boccia

Bagikan: