Berapa Lama Lemak di Perut Hilang dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

| 26 Aug 2023 08:25
Berapa Lama Lemak di Perut Hilang dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?
Berapa lama lemak di perut hilang (unsplash)

ERA.id - Banyak orang memiliki keinginan untuk mengurangi lemak di area perut dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Namun, proses ini seringkali memerlukan kesabaran dan usaha yang konsisten. Penasaran berapa lama lemak di perut hilang?

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi berapa lama yang umumnya diperlukan untuk melihat perubahan dalam area perut, serta memberikan panduan dan strategi yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Berapa Lama Lemak di Perut Hilang?

Dilansir dari Healthline, Anda perlu membakar sekitar 3.500 kalori untuk kehilangan 1 pon berat badan. Hal ini karena 3.500 kalori setara dengan sekitar 0,5 kg lemak.

Untuk mengurangi berat badan sebanyak 1 pon dalam seminggu, Anda harus menghilangkan 500 kalori dari pola makan Anda setiap hari. Dengan kecepatan tersebut, Anda dapat mengurangi sekitar 2 kg  dalam sebulan.

Meningkatkan aktivitas fisik akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Selain itu, olahraga juga akan membangun massa otot. Otot lebih berat daripada lemak, jadi meskipun Anda terlihat lebih ramping dan merasa lebih langsing, mungkin tidak terlihat pada timbangan.

Selain itu, metabolisme setiap orang berbeda. Ada banyak variabel dalam seberapa banyak aktivitas fisik yang diperlukan untuk membakar kalori.

Semakin besar ukuran tubuh Anda, semakin banyak kalori yang Anda bakar dalam melakukan apapun. Pria memiliki lebih banyak otot daripada wanita dengan ukuran yang sama, sehingga pria akan membakar lebih banyak kalori.

Apa yang bisa menghilangkan lemak perut?

Apa yang bisa menghilangkan lemak perut (unsplash)

Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk membantu membakar lemak tubuh secara efektif:

  1. Latihan Kardiovaskular dan Kekuatan

Rutin melakukan latihan kardiovaskular selama 30 menit setiap hari, seperti berjalan cepat, bersepeda, dan berenang, dapat membantu membakar lemak dan menjaga kebugaran. Menggabungkannya dengan latihan kekuatan membantu membangun massa otot yang membantu pembakaran kalori.

  1. Makanan Pembakar Lemak

Mengonsumsi makanan yang kaya serat, asam lemak tak jenuh tunggal, dan asam linoleat terkonjugasi (CLA) dapat mendukung pembakaran lemak. Contohnya, yoghurt rendah lemak, beri, sereal gandum, flaxseed, teh hijau, dan Garcinia cambogia. Sushi roll dengan nasi kaya pati resisten, ikan omega-3, dan alpukat juga membantu.

  1. Gaya Hidup Aktif

Mengaktifkan gaya hidup dengan bergerak lebih banyak adalah kunci. Pilih tangga daripada lift di kantor, serta manfaatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas fisik seperti mencuci mobil, tugas rumah, atau berkebun.

Dengan menggabungkan latihan kardiovaskular dan kekuatan, mengintegrasikan makanan pembakar lemak dalam diet, serta memperkenalkan gaya hidup aktif, Anda dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh secara efektif.

Meskipun hasilnya dapat berbeda bagi setiap individu, langkah-langkah ini dapat membantu mendukung tujuan Anda dalam mencapai berat badan yang diinginkan dan kesehatan yang lebih baik.

Selain berapa lama lemak di perut hilang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi