Harap Bersabar, Emoji Boba Tunda Perilisan

| 10 Apr 2020 18:06
Harap Bersabar, Emoji Boba Tunda Perilisan
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Jakarta, era.id - Pengguna iOS dan Android harus lebih bersabar menanti kehadiran emoji terbaru yang terpaksa ditunda perilisannya. Penundaan ini juga dibenarkan oleh pihak developer, Unicode Consortium, Rabu (8/4).

Lewat pernyataannya resminya pihak developer menyebutkan perilisan emoji, upgrade data, hingga perangkat terbaru ditunda selama pandemi COVID-19 berlangsung. Terlebih untuk perubahan versi 14.0 yang akan mundur hingga tahun 2022.

"Tahun ini kita tidak bisa berkomitmen pada jadwal yang sama seperti yang kita ikuti sebelumnya," kata Mark Davis selaku pimpinan Unicode Consortium, dikutip dari Hypebeast.

Penundaan ini berkaitan erat dengan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda hampir seluruh belahan dunia. Efeknya cukup besar dan menyerang seluruh sektor ekonomi maupun bisnis.

Untuk pembaruan perangkat iOS, baik emoji, data, dan sistem, biasanya pihak developer membutuhkan waktu persetujuan hingga 8 bulan sebelum disepakati. Hal ini menandakan pembaruan pada perangkat iOS baru bisa terealisasi di tahun 2022

Versi 14.0 yang dijadwalkan rilis pada Maret 2021 ini terpaksa molor hingga tahun 2022. Padahal pembaruan di versi 14.0 ini akan diwarnai dengan emoji yang paling dinantikan. Finger heart ala Korea Selatan salah satunya.

Sementara itu, rencana rilisian terbaru versi 13.0 yang sudah diajukan sejak Januari 2020 bakal tetap dirilis pada akhir tahun ini. Sedikitnya 117 emoji baru akan tersedia untuk perangkat iOS, termasuk emoji boba, bendera 'love wins', dan juga mammoth.

Rekomendasi