Lezatnya Oseng Tutut ala Susi Pudjiastuti

Tim Editor

Susi Pudjiastuti (Twitter)

Jakarta,era.id - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti menunjukkan kebolehannya mengolah oseng tutut atau keong sawah untuk makan malam.

Keong sawah memang menjadi santapan terkenal di Banyumas, Jawa Tengah. Namun, di Jakarta agak jarang ditemui. Bagi pemilik Maskapai Susi Air, keong sawah tergolong panganan nikmat, bernutrisi, dan tinggi protein. 

Melalui akun Twitternya, wanita berusia 55 tahun itu mengunggah sebuah videonya sedang masak tutut.

"Hari ini saya masak makanan yang sangat bergizi: tutut/keong sawah. Proteinnya tinggi, kalsiumnya tinggi, kaya vitamin, dan banyak kandungan gizi lainnya. Harganya juga murah." tulis @susipudjiastuti pada Senin (20/4/2020)

"Saya oseng untuk makan malam, nikmat sekali. Sekali lagi, makanan enak tidak harus mahal" lanjutnya.
 


Dalam video, Susi terlihat asik mengoseng daging tutut yang sudah dikeluarkan dari cangkang. Ia juga menggunakan wajan anti lengket untuk memasak dan menjelaskan bahan-bahan masakan yang digunakan.

“Ini saya kasi cabai, bawang merah, jahe sedikit seperti ditongseng begitu. Pokoknya pasti yummy deh. Saya cicipin, cobain, hmmmm sedap banget. Luar biasa bergizi” jelasnya dalam video.

Susi juga mengatakan bahwa tutut dan hidangan lainnya seperti ikan, udang, dan sayuran adalah makanan dengan gizi yang tinggi serta mudah didapat.

“Nasi putih panas dengan oseng tutut, makanan lain tidak terlihat lagi,” ujarnya.

Dikutip dari Sehatq pada Kamis (23/4/2020), keong sawah kaya akan protein dan kalsium, sebagai obat alternatif, vitamin perkembangan otak, obat antiseptik, kolesterol dapat terkontrol, dan mencegah kanker. Rasanya mirip kerang dara.

Namun, sebaiknya mengkonsumsi keong sawah jangan berlebihan dan secukupnya saja. Selalu pastikan memasak dalam keadaan matang dan bersih, sehingga kandungan gizi yang terdapat pada keong sawah dapat diserap dalam tubuh. 

Tag: resep

Bagikan: