Dicibir Pendidikan Rendah, Susi Pudjiastuti Jawab dengan Karya dan Penghargaan

Tim Editor

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. (Twitter/Susi Pudjiastuti)

ERA.id - Beberapa hari terakhir akun Twitter mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terus jadi pembicaraan di media sosial. Ia diserang banyak akun buzzer setelah mengajak netizen untuk meng-unfollow akun Permadi Arya alias Abu Janda.

Kemarin, Susi kembali diserang terkait riwayat pendidikannya yang hanya lulusan sekolah menengah atas (SMA). Akun Twitter @Hayuningrat7 menyebut pendidikan Susi Pudjiastuti tidak jelas.

"Susi kelihatan aslinya. Pendidikan juga ga jelas ya maklum," tulisnya pada Rabu (3/2).

Mengetahui itu, Susi pun membalas dengan mengakui bahwa dirinya memang tidak bersekolah tinggi.

"Baru tahu saya tidak punya pendidikan tinggi ??saya pikir seluruh dunia sudah tahu ... tapi kok bisa ya anda baru tahu," kata Susi.

Seperti diketahui, setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Namun, ia berhenti di kelas 2 karena dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya dalam gerakan Golput.

Selain itu, Susi juga mengaku tidak cocok dengan sistem sekolah. Setelah menjadi menteri, Susi mendaftar untuk mengikuti Paket C di PKBM Bina Pandu Mandiri Kabupaten Ciamis pada 2015. 

Setelah melewatkan ujian pada tahun 2017, Susi lulus dari ujian susulan pada bulan Mei 2018.

Meski tak mengenyam pendidikan hingga ke tingkat lanjut, prestasi dan karya-karya Susi Pudjiastuti tak bisa dipandang sebelah mata. Selain pernah menjadi menteri, Susi juga tercatat memiliki segambreng penghargaan.

Salah satunya adalah gelar Doktor Honoris Causa oleh Universitas Diponegoro pada 3 Desember 2016. Ia juga pernah mendapat penghargaan Leaders for a Living Planet Award dari WWF pada 16 September 2016, sebagai penghargaan atas perannya dalam memajukan pembangunan sektor perikanan yang berkelanjutan, pelestarian alam laut, dan pemberantasan pencurian ikan.

Tercatat ada lebih dari 20 penghargaan yang pernah diterima Susi. Di samping itu, ia juga merupakan pengusaha yang ulung. Mulai dari mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster yang diberi merek Susi Brand, hingga terjun ke bisnis penerbangan.

Susi Air. (Twitter @susiair)

 

Sampai tahun 2012, perusahaan penerbangan milik Susi telah mengoperasikan setidaknya 50 pesawat berbagai tipe. Ia juga membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School. 

Tag: susi pudjiastuti viral twitter buzzer susi air

Bagikan: