Trik Mengabadikan Momen Lebaran dengan Ponsel, Hasil Bak Fotografer

Tim Editor

Gambar oleh Luis Wilker Perelo WilkerNet dari Pixabay

Jakarta,era.id - Umat Muslim diimbau untuk merayakan Lebaran di rumah. Termasuk tidak melakukan mudik untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Meski tidak biasa, urusan mengabadikan momen menarik, jangan juga dilewatkan begitu saja ketika Lebaran. Sayangnya, seseorang sering kali salah mengabadikan tata cara mengambil sebuah foto dengan ponsel.

Banyak orang yang menganggap kalau kamera ponsel tidak memadai untuk menghasilkan foto berkualitas mumpuni. Semakin berkembangnya teknologi, kamera mirrorless atau DSLR memang menjadi andalan orang-orang untuk mengabadikan setiap momen.

Seperti yang diketahui, harga kamera mirrorless atau DSLR terbilang cukup mahal dan tak semua orang akan mau membelinya. Nah, bagi kamu yang ingin abadikan momen Lebaran cuma bermodalkan ponsel saja, ada beberapa trik agar hasil foto bak fotografer profesional. Dikutip dari Gizmodo pada Sabtu (23/5/2020), berikut tips yang harus diperhatikan saat mengabadikan momen lebaran menggunakan ponsel Android maupun iPhone:

1. Mempelajari 'rule of thirds'

'Rule of thirds' adalah panduan yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan hasil foto proporsional dan berkualitas. Meski cuma pakai kamera ponsel, kamu enggak perlu membayangkan bagaimana membagi objek foto dengan sembilan segmen persegi panjang.

Kamera ponsel terdapat grid, yang nantinya layar akan terbagi jadi sembilan segmen berbentuk persegi panjang. Buat kamera di Android, kamu bisa jelajah ke Settings di aplikasi kamera dan cari submenu Grid untuk diaktifkan. Nah, buat kamu pengguna iOS bisa memilih menu photos dan camera melalui aplikasi settings, lalu aktifkan Gambar oleh pasja1000 dari Pixabay toggle Grid.


2. Mencari posisi stabil

Mendapatkan hasil foto berkualitas sangat bergantung dari cara pengambilan foto yang tepat. Pegangan stabil sangat krusial untuk mobile photography, terutama ketika mengabadikan foto dalam kondisi low light. Kamu bisa menggunakan mobile tripod untuk menstabilkan ponsel.

Namun tak semua orang memiliki mobile tripod, kamu bisa manfaatkan objek seperti meja, dinding dan lain sebagainya. Jangan lupa, menyalakan self-timer apabila ingin mengabadikan foto dari kamera yang diletakkan dimeja atau lemari yang jauh.
 

3. Mengubah fokus

Aplikasi foto default dapat mengubah fokus meski hanya dengan sekali tap di layar. Enggak cuma mengubah fokus saja, kamu bisa ubah tingkat exposure cahaya sesuai spot yang dipilih.

Yang perlu kamu lakukan untuk mengubah tingkat exposure adalah cukup menaikkan dan menurunkan indikator yang muncul pada ikon bola lampu maupun matahari. Trik ini bisa kamu lakukan melalui kamera Android maupun iPhone.

4. Menggunakan tombol shutter fisik

Meski terdengar sepele, ternyata cara memencet tombol shutter itu tak bisa disepelekan begitu saja. Pasalnya, hal sederhana ini justru terbilang cukup penting untuk mendapatkan hasil berkualitas. Memang agak susah, untuk menjaga kestabilan kamera sembari memencet tombol shutter di layar ponsel. Nah, solusinya adalah kamu bisa menggunakan salah satu tombol volume di ponsel menjadi tombol shutter fisik.

5. Menggunakan mode HDR secara otomatis

Ada satu fitur yang sebetulnya sudah tersedia sejak lama untuk mendapatkan foto berkualitas yaitu High Dynamic Range (HDR). Sayangnya, banyak tidak mengetahui secara persis penggunaan fitur HDR. Saat ini, semua kamera ponsel punya mode auto HDR yang diaktifkan akan menerapkan filter ini jika dibutuhkan. Hasilnya, warna paling gelap maupun terang di foto kalian tetap terlihat seimbang. Teknologi HDR dapat menyatukan hasil foto tersebut supaya mendapatkan foto dengan kontras warna terbaik.

6. Manfaatkan cahaya alami atau buatan

Salah satu faktor yang memengaruhi keindahan hasil foto adalah pencahayaan. Maka dari itu, pencahayaan jadi kompenen penting yang perlu diperhatikan. Supaya memperoleh foto keren, subjek harus mendapatkan cahaya agar menjadi krusial. Yang perlu diperhatikan adalah sekeliling dan melihat sumber cahaya yang bisa kamu manfaatkan, seperti sinar matahari atau lampu.


Gambar oleh David Osta dari Pixabay 

7. Mengambil foto dengan mode 'burst'

Mode burst merupakan mode yang memungkinkan kamu dapat mengambil banyak gambar meski hanya sekali jepret. Belum lagi, terdapat kualitas penyimpanan ponsel yang juga semakin besar dapat membuat kamu bisa menyimpan banyak foto. Mode ini cocok banget buat kamu yang enggak pede buat mengambil foto sekali klik. Alangkah baiknya, kamu bisa mengambil banyak foto sekaligus dan dapat memilih hasil foto paling bagus. Mode ini biasanya diaktifkan dengan memencet dan menahan tombol shutter dilayar sesuai durasi yang diinginkan.

Tag: kamera tips and trick lebaran

Bagikan: