Baby Ash, Bayi Koala Pertama di Australia Yang Lahir Pasca Kebakaran Hutan

| 28 May 2020 16:26
Baby Ash, Bayi Koala Pertama di Australia Yang Lahir Pasca Kebakaran Hutan
Ash, Baby koala (Dok. Australian Reptile Park)
Sydney, era.id - Taman margasatwa di Australia kedatangan tamu baru yakni bayi koala yang diberi nama Ash. Baby koala ini menjadi yang pertama lahir sejak kebakaran hutan menghabiskan rumah tinggal mereka.

“Kami memiliki pengumuman yang sangat istimewa. Koala pertama kami musim ini telah lahir dari ibunya,” tulis siaran pers Australian Reptile Park, dikutip CNN, Kamis (28/5/2020).

Penjaga di Australian Reptile Park yang terletak di New South Wales, Sydney itu memberikan bayi koala itu dengan nama Ash. Nama itu dipilih sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada koala yang mati akibat kebakaran dengan nama yang sama.

Kehadiran Ash ini sebagai sebuah keajaiban yang terjadi setelah kebakaran hutan melanda Australia pada November 2019 dan Februari 2020. Menurut Dan Rumsey, salah satu penjaga di kebun binatang, kehadiran Ash jadi awal dan harapan mereka atas keberhasilan berkembang biak yang sukses.

“Itu adalah momen yang luar biasa ketika kami melihat Ash menjulurkan kepalanya keluar dari kantong ibunya untuk pertama kalinya,” kata Dan Rumsey, penjaga kebun binatang.

Biasanya koala betina akan melahirkan satu anak setiap setahun sekali, meskipun banyak koala induk yang tetap bertahan hidup tanpa perlu bereproduksi. Tetapi akibat kebakaran hutan itu, bisa menyebabkan koala betina berhenti hamil.

Kebakaran hutan yang terjadi pada November 2019 dan Februari 2020 itu menyebabkan hampir 85 persen populasi koala musnah. Menurut laporan dari International Fund for Animal Welfare (IFAW), diperkirakan 5.000 koala mati akibat kejadian itu.

“Koala sangat rentan terhadap kebakaran hutan karena mereka bergerak lambat dan hidup di pohon eucalyptus yang terbakar dengan cepat dan intens," kata Josey Sharrad, juru kampanye satwa liar IFAW.

Pihaknya juga menambahkan banyak koala yang tak sempat menyelamatkan diri akibat kebakaran hutan yang cukup besar itu. Apalagi gerak lambat dari koala tidak memungkinkan mereka bisa bergegas menyelamatkan dirinya.

Selama mengalami luka bakar, koala-koala itu di rawat di rumah sakit khusus koala di dunia, yang terletak di kota Port Macquarie di New South Wales. Bahkan di awal April koala yang terluka sebagian sudah dikembalikan ke habitat asalnya.

Tags :
Rekomendasi