Ancang-Ancang Hotel Hadapi Era New Normal

| 28 May 2020 16:27
Ancang-Ancang Hotel Hadapi Era New Normal
Ilustrasi (The Alana Hotel)
Jakarta, era.id - Pandemi COVID-19 masih mewabah di hampir semua negara di dunia. Namun bukan berarti sektor pariwisata seperti hotel dan penginapan tidak bisa berjalan lagi. Sambil menantikan vaksin COVID-19 yang diharapkan bisa segera terwujud, kehidupan harus terus berlanjut dengan menerapkan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi yang mengutamakan kebersihan dan kesehatan.

Untuk itu, berbagai manajemen hotel mempersiapkan diri menghadapi era new normal dengan menyiapkan protokol kesehatan. Jaringan hotel Accor pun bersiap menerima tamu lagi apabila PSBB dicabut dan new normal resmi diterapkan. Ada sejumlah prosedur yang akan diterapkan saat mereka kembali membuka semua jaringan hotelnya pada Juli 2020. Semua hotel di jaringan Accor Group akan menggunakan standar kebersihan dan pencegahan yang dilakukan oleh Bureau Veritas, sebuah perusahaan terkemuka di bidang pengetesan, inspeksi, dan sertifikasi.

Semua hotel harus memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Bureau Veritas, dan menerima label ALLSAFE. Apa saja prosedur yang akan dijalankan?

1. Semua restoran, bar dan tempat duduk di area publik harus menerapkan pola menjaga jarak, sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah setempat, seperti social distancing atau physical distancing.

2. Para tamu akan disediakan alat pembersih seperti hand sanitizer, alat penyeka maupun masker pribadi yang akan digunakan di area publik, dan akan ada tanda atau petunjuk di tempat mana saja alat-alat tersebut harus digunakan.

3. Para tamu akan diukur suhu tubuhnya saat memasuki hotel, lalu barang-barang yang dibawa akan disemprotkan disinfektan. Selain itu, lobi meja depan harus diberi partisi dan harus menjaga jarak antara petugas dengan para tamu. Pihak hotel juga akan menyediakan kebutuhan kebersihan lainnya bila diperlukan.

4. Untuk pembayaran maupun transaksi lainnya di lobi atau meja depan, diusahakan petugas hotel dan tamu tidak akan bersentuhan. Intinya, sebisa mungkin menghindari kontak fisik.

Masalah kebersihan makanan juga akan lebih diperhatikan. Accor sejak 2016 mengklaim sudah menerapkan standar kebersihan yang tinggi dengan hanya menyediakan makanan dan minuman dari bahan-bahan berkualitas, bersih dan berkelanjutan.

Saat ini, mereka sudah menetapkan standar kebersihan makanan dan minuman agar terhindar dari paparan Covid-19. Nantinya, restoran dan bar akan dibuka kembali dengan tetap menjalankan prosedur yang sudah ditetapkan pemerintah seperti para tamu harus duduk agak berjauhan minimal satu meter.

Satu meja maksimal ditempati delapan orang, lalu akan ada hand sanitizer di tiap restoran atau bar. Para pegawai akan memakai masker dan sarung tangan. Selain itu akan ada prosedur baru untuk sistem buffet di restoran yang akan lebih mengutamakan kebersihan.

Sama seperti Accor, Alana Hotel Yogyakarta juga menerapkan protokol ketat. Tanpa mengurangi kenyamanan tamunya, Alana Hotel mencegah penularan COVID-19 lewat penyemprotan disinfektan di seluruh area secara berkala dan menerapkan prinsip jaga jarak di area publik seperti restoran.

"Kami menggunakan sinar UV untuk membunuh virus, selain itu juga ada air purifier dengan penyaring virus dan bakteri yang bisa ditaruh di kamar by request," jelas Marketing Communications Manager The Alana Hotel, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, tiap tamu akan mendapatkan masker dan hand sanitizer sebagai compliment.

 

Tags : new normal
Rekomendasi