Viral, Keluar Ulat dari Stroberi, Ini Penjelasan Pakar

| 29 May 2020 16:30
Viral, Keluar Ulat dari Stroberi, Ini Penjelasan Pakar
Ilustrasi stroberi (Unsplash/Mantra Media)
Jakarta, era.id - Stroberi merupakan buah berwarna merah yang mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Seperti mencegah jerawat dan mengurangi risiko diabetes.

Bagi kamu penggemar buah stroberi, jangan lupa mencuci buah yang satu ini dulu sebelum dimakan. Sebab, stroberi yang kamu makan harus bersih dari bakteri dan ulat-ulat kecil. Ini penting agar ulat-ulat itu tidak masuk ke tubuh.

Nah, belum lama ini, sebuah video viral di TikTok. Video tersebut menunjukkan ulat kecil yang keluar dari pori-pori stroberi. Video itu diunggah oleh akun @babyadrianne.

<blockquote class="tiktok-embed" cite="https://www.tiktok.com/@babyadrianne/video/6827881780289244422" data-video-id="6827881780289244422" style="max-width: 605px;min-width: 325px;" > <section> <a target="_blank" title="@babyadrianne" href="https://www.tiktok.com/@babyadrianne">@babyadrianne</a> <p>SO GROSS!!! <a title="washyourstrawberries" target="_blank" href="https://www.tiktok.com/tag/washyourstrawberries">##washyourstrawberries</a></p> <a target="_blank" title="? original sound - babyadrianne" href="https://www.tiktok.com/music/original-sound-6827881750077688581">? original sound - babyadrianne</a> </section> </blockquote> <script async src="https://www.tiktok.com/embed.js"></script>

Video itu menjadi viral lantaran banyak ulat kecil yang keluar dari pori-pori setelah dicuci dengan air garam. Sehingga membuat banyak netizen berkomentar.

Dikutip dari AsiaOne, Jumat (29/5/2020), video yang viral dan membuat netizen ngeri itu akhirnya berhasil diredam. Peristiwa ini dianggap sangat wajar, sebab hewan yang tinggal dalam buah bukanlah hal yang baru. 

Ahli entomologi, Profesor. Greg Leob di Cornell University, memiliki pendapat terkait video tersebut.

“Jika kamu memakan produk segar, maka kamu makan serangga,” ujarnya.

Menurutnya, membersihkan stroberi hanya perlu dengan air bersih saja sudah cukup. Jika masih belum yakin, kamu bisa mencucinya dua kali.

Sebenarnya itu bukanlah ulat yang biasa ditemukan dijalan, melainkan lalat buah yang masuk dalam jenis Spotted Wing Drosophila yang bertelur dalam buah dengan tekstur daging lunak.

Buah itu enggak hanya hinggap di stroberi, melainkan raspberry dan ceri pun juga terdapat hewan di dalam pori-pori buah tersebut.

Dikutip dari Health, entomolog stoberi, dan tanaman buah sekaligus asisten profesor di Universitas Florida, Sriyanka Lahiri mengaku memang tak nyaman bila ada hewan saat mengonsumsi buah. Tetapi, ia percaya meski hewan dikonsumsi itu tak membuat kita menjadi sakit.

Berdasarkan informasi yang dijabarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat, mengatakan jika buah tidak sepenuhnya 100 persen bebas dari kecacatan, termasuk jamur dan cacing.

Rekomendasi