Roket Starship Milik SpaceX Meledak

Tim Editor

Starship (Guardian)

Jakarta, era.id - Prototipe roket Starship buatan SpaceX meledak saat menjalani uji coba. Insiden ini terjadi hanya sehari sebelum peluncuran bersejarah NASA dan SpaceX. Ledakan ini terjadi saat prototipe tersebut ketika melakukan uji coba mesin statis pada Jumat (29/5) waktu setempat yang dilakukan di fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas. 

Seperti dikutip dari Guardian, Sabtu (30/5/2020), ledakan ini terjadi sekitar satu menit setelah mesin roket Raptor diuji coba, tapi belum diketahui apa yang menyebabkan ledakan ini. Dampak dari ledakan tersebut menghasilkan bola api raksasa dan bahkan goncangannya terasa hingga jarak tiga kilometer.

Roket setinggi 42 meter itu, dirancang untuk membawa penumpang dan 100 ton muatan ke bulan dan Mars. Starship adalah pesawat ulang alik next generation yang bisa digunakan berulang kali sebagai ambisi sang pemilik Elon Musk untuk membuat perjalanan ruang angkasa oleh manusia dengan harga terjangkau.
 


Bulan lalu, NASA memilih Starship sebagai salah satu pesawat antariksa yang berpartisipasi dalam program Artemis untuk mendaratkan astronaut di Bulan pada 2024.

Ledakan tersebut tidak terkait dengan peluncuran roket hasil kerja sama NASA dan SpaceX yang dijadwalkan pada Sabtu (30/5/2020) waktu setempat. Dua astronaut NASA dari Kennedy Space Center Florida akan menggunakan sistem roket yang berbeda, yakni Falcon 9 dengan kapsul Crew Dragon yang akan mengantar kedua astronaut ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

 

Tag: spacex

Bagikan: