Dicari: 8 Orang yang Mau Pergi ke Bulan Bareng Miliarder Jepang, Naik SpaceX

Tim Editor

Ilustrasi penerbangan komersil SpaceX. (Foto: SpaceX)

ERA.id - Miliarder Jepang Yusaku Maezawa pada Rabu, (3/3/2021), mengumumkan sedang mencari delapan orang untuk ia ajak pergi ke bulan dalam penerbangan roket carter pertama ke satelit bumi tersebut.

Perjalanan ke bulan ini dijadwalkan berlangsung pada tahun 2023 menggunakan jasa perusahaan roket ternama Amerika Serikat, SpaceX.

Dilansir dari Reuters, Maezawa awalnya berencana mengajak para seniman dalam perjalanan itu. Namun, proyek ini diperbarui menjadi kesempatan "bagi orang-orang dari seluruh dunia. Jika Anda merasa diri seniman, maka Anda adalah seniman," kata Maezawa.

Proses pendaftaran akan dimulai pada 14 Maret nanti.

Maezawa, pebisnis yang pada 2019 menjual bisnis fesyen online Zozo Inc ke SoftBank, nantinya akan membayar seluruh ongkos perjalanan ke bulan menggunakan Starship, kendaraan roket generasi baru milik SpaceX.

Meski begitu Maezawa, saat ini berusia 45 tahun, dan para penumpang nantinya perlu menerima adanya banyak batasan dalam perjalanan luar angkasa pertama di luar orbit bumi tersebut. Risiko pun masih ada, mengingat sudah dua prototipe SpaceX meledak dalam proses pengujian.

"Dalam misi ini, kami menghendaki orang-orang melampaui jarak yang pernah ditempuh manusia manapun," kata Elon Musk, beberapa saat setelah SpaceX menyelesaikan kampanye penggalangan dana senilai 850 juta dolar AS. Kampanye ini juga sukses membuat Musk menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Maezawa dikenal sebagai kolektor seni dan mobil mewah. Ia juga suka mengadakan giveaway dalam bentuk uang tunai di Twitter, sehingga akunnya menjadi yang paling banyak di-follow di Jepang.

Tahun lalu miliarder ini juga mengadakan proyek mencari pacar untuk ia ajak pergi ke bulan. Namun, proyek ini akhirnya dibatalkan karena ia "merasa tidak sreg".

Tag: spacex elon musk jepang luar angkasa

Bagikan: