Mengapa Age Challenge dan Lathi Challenge Dilabeli Haram?

| 06 Jun 2020 14:02
Mengapa Age Challenge dan Lathi Challenge Dilabeli Haram?
Bunga Citra Lestari bermain Age Challenge. (Foto: Instagram/BCL)
Jakarta, era.id - Challenge atau tantangan melakukan sesuatu belakangan ramai dilakukan orang-orang di media sosial. Namun, ramainya orang yang memainkan tantangan itu dibarengi dengan sikap kontra dari sejumlah pihak.

Misalnya saja Lathi Challenge. Tantangan dianggap haram oleh publik Malaysia lantaran menampilkan busana tradisional yang kemudian berubah menjadi menyeramkan. Bukan cuma tantangan ini saja, Age Challenge pun demikian. Berikut penjelasannya.

1. Lathi Challenge

Lathi Challenge adalah tantangan make up mulai dari proses, kemudian menawan, berubah menjadi tradisional, hingga seram. Tantangan ini awalnya terinspirasi dari video klip lagu "Lathi" yang dipopulerkan oleh Weird Genius dan Sara Fajira.

Beauty vlogger Jharna Bhagwani membuat lagu 'Lathi' dari Weird Genius kemudian ramai diperbincangkan di media sosial. Dengan bakat merias wajah, Jharna membuat Lathi Challenge dikagumi dan ditirukan oleh publik figur.

Kebanyakan dari mereka membuat Lathi Challenge dengan mengenakan busana adat dari berbagai daerah di Indonesia, sebelum akhirnya terlihat menyeramkan dengan makeup tebal dengan nuansa gelap.



Tetapi, saat ini tren Lathi mendapatkan kecaman di Twitter dari warganet Malaysia. Mereka meminta masyarakat Indonesia supaya menghentikan tantangan yang dianggap musyrik dan haram. 

"Jangan buat Tantangan Lathi. Itu tidak benar. Nabi berkata bahwa ia berasal dari salah satu ras miliknya. Pertahankan keindahan yang diberikan Tuhan kepada kita. Bukan karena tren kita tergores seperti hantu iblis. Iblis sangat senang dengan kelompok ini. Hentikan!" tulis @UstazAmirulAmin

Bahkan, perkara ini dijelaskan oleh PU Syed melalui laman Instagramnya yang memberitahu perbuatan Lathi Challenge ini haram dan menyalahi syarak.

"Lathi challenge haram mempengaruhi dan menukarkan muka dan tubuh menyerupai iblis dengan menari gerak gerik tunggangan bersama pakaian khusus. Lathi berarti lidah. Tulisan diwajah adalah bahasa Sansekerta India Jawa kuno," ujar @syedbakri_alyahyaofficial
 


2. Age Challenge, FaceApp

Sederet selebritas baik dunia maupun Tanah Air ikut meramaikan Age Challenge di media sosial. Artis Hollywood, Bollywood, K-Pop, dan artis dalam negeri memamerkan wajah tua di akun media sosialnya. Namun, tren Age Challenge telah menuai kontroversi.

Dikutip dari mashable, Essam al Roubi mengatakan FaceApp haram dan dilarang karena telah mengubah ciptaan Tuhan dan menganggap wajah tua dari FaceApp akan sama dengan wajah tua sebenarnya di kemudian hari.

"Aplikasi ini adalah jenis kegemaran yang mengarah konsekuensi yang tidak diinginkan," kata Essam al Roubi pada media lokal Cairo24.

Baca Juga : VIDEO: Pesona Selebriti dengan Wajah Tua #Agechallenge

Essam al Roubi juga merujuk dalam sebuah ayat Al-Qur'an. "Aku akan memerintahkan mereka sehingga mereka akan mengubah ciptaan Allah," bunyi Surat An-Nisa ayat 119 yang menjadi rujukan pertamanya.

Ia menambahkan Surat Al-Isra ayat 70 yang berbunyi: "Dan Kami telah sungguh-sungguh menghormati anak-anak Adam dan membawa mereka ke darat dan laut dan menyediakan bagi mereka hal-hal baik dan memilih mereka lebih dari apa yang telah Kami ciptakan."
Rekomendasi