Akibat “Bacot” di Twitter, Aktor Pemeran Ralph Dibny Dipecat

| 09 Jun 2020 12:06
Akibat “Bacot” di Twitter, Aktor Pemeran Ralph Dibny Dipecat
Hartley Sawyer (Instagram/@Hartley Sawyer)
California, era.id - Aktor pemeran Ralph Dibny di serial The Flash, Hadtley Sawyer dipecat secara tidak hormat oleh The CW. Pemecatan ini dibenarkan oleh pihak produser eksekutif The Flash, Eric Wallace.

Pemecatan Hartley Sawyer bermula saat cuitannya di tahun 2012 hingga 2014 muncul kembali dan memancing kemarahan publik. Cuitan itu berisi kata-kata rasisme dan misognis yang dia lakukan sebelum bergabung dengan The CW.

“Hartley Sawyer tidak akan kembali untuk Musim 7 dari The Flash,” demikian bunyi pernyataan pihak The CW, Warner Bros Television, dan Berlanti Production.

“Berkenaan dengan posting Mr Sawyer di media sosial, kami tidak mentolerir pernyataan menghina yang menargetkan ras, etnis, asal kebangsaan, jenis kelamin, atau orientasi seksual apa pun,” lanjut pernyataan itu, dikutip The Hollywood Reporter, Selasa (8/6/2020).

Lebih lanjut, pihak produksi menyebut hal-hal seperti itu sangat bertentangan dengan nilai dan kebijakan perusahaan. Apalagi pihak perusahaan berusaha keras menciptakan rasa aman, inklusif, dan produktif bagi para karyawannya.

Eric Wallance, produser eksekutif The Flash juga ikut angkat bicara tentang pemecatan aktor berusia 35 tahun ini lewat cuitannya di Twitter.

<blockquote class="twitter-tweet"><p lang="und" dir="ltr"><a href="https://twitter.com/hashtag/BlackLivesMatter?src=hash&amp;ref_src=twsrc%5Etfw">#BlackLivesMatter</a> <a href="https://t.co/U2Hb1WCKPC">pic.twitter.com/U2Hb1WCKPC</a></p>&mdash; The CW (@TheCW) <a href="https://twitter.com/TheCW/status/1267230279078461443?ref_src=twsrc%5Etfw">May 31, 2020</a></blockquote> <script async src="https://platform.twitter.com/widgets.js" charset="utf-8"></script>

“Mengenai tweet media sosialnya, mereka mematahkan hati saya dan membuat saya marah sekali. Dan mereka menimbulkan indikasi masalah yang jauh lebih besar dari negara ini,” kata Eric Wallance lewat pernyataan di media sosial.

Cuitan yang datang dari masa lalu Sawyer ini diposting ulang oleh warganet dari tahun 2012 hingga 2014. Berikut ini adalah cuitan rasisme dan misognis yang dilakukan Sawyer di masa lalu.

“Satu-satunya hal yang mencegah saya melakukan tweet rasis ringan adalah pengetahuan bahwa Al Sharpton tidak akan pernah berhenti mengeluh tentang saya,”

“Sebagai seorang anak, salah satu kegiatan favorit saya adalah menculik wanita tunawisma dan memotong payudara mereka,”

“Aku terlalu hitam untuk terbakar sinar matahari,”

“Keluar makan malah dan hanya untuk menunjukkan diriki sebagai seorang rasis,”

“Jika aku punya istri aku akan mengalahkannya malam ini,”

Meski saat ini Twitter Sawyer sudah menghilang dan di non-aktifkan, warganet tak ketinggalan akal untuk mengungkap ucapan jahat dari seorang public figure yang berpengaruh bagi orang banyak. 

Atas insiden dan kejadian ini, Sawyer memposting permohonan maaf dan penyesalannya di akun Instagram miliknya. Dia mengaku sangat malu dan menyesali perbuatannya di masa lalu tanpa pengetahuan yang banyak tentang hal itu.

Sawyer sendiri bergabung dengan The Flash sejak tahun 2017 sebagai Ralph Dibny. Wajahnya menghiasai serial The Flash sejak musim keempat hingga musim keenam.

Kejadian serupa bukan cuma menimpa Sawyer saja di industri perfilman. Nama Craig Gore, penulis sekaligus produser dari Law & Order juga dipecat karena bertindak ofensif di media sosial. Dia memposting fotonya yang sedang memegang senjata dan mengancam akan 'menembak' para demonstran jika merusak propertinya.

Rekomendasi