Biar Enggak Salah, Inilah Bedanya Ayam Geprek, Ayam Gepuk, dan Ayam Penyet

Tim Editor

    Ayam geprek (Foto: Shutterstock)

    Jakarta, era.id - Olahan masakan ayam sejauh ini masih jadi olahan paling banyak digemari oleh masyarakat Tanah Air. Makanan olahan dengan bahan dasar ayam menghadirkan beragam rasa serta daging yang empuk, gurih dan dipadukan bumbu yang pas.

    Olahan ayam yang paling banyak digemari diantaranya ayam geprek, penyet dan gepuk. Tapi tahukah kamu perbedaan dari ketiga nama ayam tersebut? Daripada terus bertanya-tanya, inilah perbedaan dari ayam geprek, gepuk dan penyet.

    1. Ayam Geprek

    Beli Ayam Geprek dan Es Teh, Warganet Ini Malah Dapat Bonus Ikan Hidup
    Ayam geprek (Foto: Shutterstock)

    Ayam goreng adalah makanan khas Tanah Air yang bisa ditemukan hampir semua kota Indonesia. Daging ayam geprek tidak lewat proses diungkep melainkan menggunakan boneless krispi yang dibalut tepung bumbu lalu digoreng kering. Maka dari itu, daging ayam geprek bertesktur lebih renyah ketimbang dengan ayam gepuk dan penyet.

    Ayam tersebut akan digeprek atau dipukul-pukul sampai hancur dan nantinya dicampur dengan sambal bawang yang jumlah cabainya bisa dipilih sendiri. Sehingga kita tidak perlu lagi memotong ayam dengan sendok ketika makan. Ini menjadi cara yang praktis tanpa repot-repot menyisihkan tulang ayam terlebih dahulu.

    2. Ayam Penyet

    Resep Ayam Penyet Sambal Bawang Pedasnya Ramah - Lifestyle Fimela.com
    Ayam penyet (Foto: Shutterstock)

    Pengolahan daging ayam penyet dilakukan dengan diungkep dan diberikan bumbu kuning. Selanjutnya, ayam langsung digoreng dan baru dipukul (dipenyet) saat daging ayam sudah matang. 

    Makanan khas Jawa Timur ini menggunakan ayam dengan potongan utuh, seperti dada, paha, hingga ayam yang tulangnya masih menempel. Perbedaan lainnya adalah daging ayam dipenyet di atas cobek berisi sambal tomat atau terasi. Hasilnya daging menjadi agak pipih, meski tak hancur.

    Umumnya, ayam penyet disajikan bersama sambal merah, sambal tomat, sambal bawang dan sambal lainnya, bersama tahu, tempe goreng, dan lalapan.

    3. Ayam Gepuk

    Resep Ayam Gepuk ala Pak Gembus yang Enak dan Gampang Banget!
    Ayam Gepuk (Instagram/ayamgepuk_plaju)

    Pengolahan daging ayam gepuk dan penyet itu hampir sama yaitu dengan cara diungkep dengan bumbu kuning. Hanya saja perbedaannya terletak pada saat akan menggoreng, setelah diungkep, daging ayam gepuk dipukul-pukul dahulu hingga pipih baru digoreng.

    Ayam gepuk bisa dibilang gabungan antara ayam geprek dan ayam penyet. Tetapi penyajian sambal ayam penyet dan geprek berbeda. Kalau biasanya ayam penyet dan geprek langsung dihancurkan di atas cobek yang dilumuri sambal, maka kalau ayam gepuk lain lagi. Karena sudah hancur, sambal pun hanya dibalurkan di atas bagian ayam.

    Tag: ayam geprek ayam gepuk ayam penyet kuliner ramadan

    Bagikan :