Gado-Gado, Makanan Betawi yang Terinspirasi dari Budaya Portugis

| 23 Jun 2020 18:16
Gado-Gado, Makanan Betawi yang Terinspirasi dari Budaya Portugis
Gado-gado (Wikimedia)
Jakarta, era.id - Tak banyak orang tahu bahwa kuliner khas Jakarta yakni gado-gado ternyata dipengaruhi oleh budaya Portugis. Salad khas Indonesia ini biasanya terdiri dari sayur-sayuran rebus yang dicampur sambal kacang.

Makanan yang dinikmati dengan nasi atau lontong itu juga bisa disantap bila Anda berkunjung ke Kampung Tugu, Cilincing, Jakarta Utara, yang jadi pemukiman keturunan Portugis.

"Portugis banyak mempengaruhi budaya kita, kayak bolu, pintu, sepatu, jendela, campur aduk juga gado-gado," kata Ira Lathief, pendiri Wisata Kreatif Jakarta, dalam tur virtual keliling Jakarta, Senin (22/6) malam, dikutip Antara.

Menurut Ira, kata "gado-gado" berasal dari bahasa Portugis artinya campur-campur. Awalnya, istilah itu dipakai untuk menyebut pakan hewan yang terdiri dari campuran sisa-sisa makanan.

"Kuliner Indonesia yang pakai saos kacang itu dibawa dari Portugis," ujar dia.

Gado-gado dari Kampung Tugu punya ciri khas bumbu kacang yang disiram ke atas sayuran.

Salah satu makanan nasional Indonesia itu mahsyur di banyak kalangan. Menurut Aslida Rahardjo, penulis buku "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua", gado-gado adalah salah satu masakan favorit rekan-rekannya yang merupakan warga negara asing.

Pesepakbola legendaris asal Nigeria, Augustine Azuka Okocha, juga jatuh cinta pada rasa gado-gado ketika mencicipinya tahun lalu di Jakarta.

Gado-gado dapat dibuat menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Para koki juga menginterpretasikan dengan gayanya sendiri, termasuk pemenang Masterchef Australia 2017 Diana Chan.

Rekomendasi